3 Tips HP Optimal Saat Liburan

3 Tips HP Optimal Saat Liburan

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 30 Okt 2020 18:12 WIB
Samsung Galaxy A30s & A20s
3 Tips Optimalkan HP Saat Liburan. (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta -

Liburan tiba! Tapi HP kalian tidak ikut libur, justru akan lebih sering digunakan untuk hiburan. Kalian perlu tahu tips optimalkan HP saat liburan.

Meski mungkin tidak semua orang menghabiskan libur panjang dengan berpergian, tetap saja, baik yang di rumah saja maupun yang jalan-jalan, selalu mengandalkan HP untuk menunjang aktivitas.

Nah, untuk membuat liburan jadi semakin menyenangkan, berikut beberapa tips agar HP kalian jadi teman yang asyik selama liburan yang dihimpun detikINET, Jumat (30/10/2020):

1. Optimalkan Baterai

Jika baterai habis, maka semua rencana bisa buyar. Kalian tidak bisa mengambil foto, browsing, nonton streaming, dan banyak lagi keseruan kalian lewatkan.

Untuk mengantisipasinya, berikut beberapa trik agar baterai smartphone lebih awet. Caranya:

  • Kurangi tingkat kecerahan layar (brightness level) dan gunakan mode power saving
  • Hindari penggunaan aplikasi yang dapat menyedot daya baterai dengan cepat
  • Pastikan untuk menggunakan kabel data dan charger original
  • Pastikan pengisian ulang baterai kamu lakukan di tempat-tempat dengan kondisi listrik yang stabil. Ketidakstabilan listrik dapat mempengaruhi performa baterai dan memperpendek umur baterai
  • Untuk pengguna HP Samsung, gunakan fitur Device Maintenance di untuk mengoptimalkan kinerja baterai dan juga performa smartphone. Kalian bisa mengakses fitur ini di bagian Settings
  • Pastikan perangkat fast charging dibawa saat liburan.

2. Jaga Kapasitas Memori

Merekam momen adalah salah satu aktivitas utama dalam liburan untuk dibagikan langsung dengan keluarga dan teman-teman. Oleh karena itu, penting pula untuk mengatur kapasitas memori. Ini caranya:

  • Mengatur manual kualitas pixel foto menjadi lebih rendah agar lebih banyak kapasitas penyimpanan yang tersisa
  • Memastikan semua foto dan video disimpan di dalam memory card
  • Aktifkan fitur cloud storage misalnya Samsung Cloud, Google Photos, dan lain-lain.

3. Lindungi Data Pribadi

Bayangkan betapa mengesalkan jika kehilangan smartphone. Selain kegiatan terganggu, semua data mulai dari nomor telepon, email, foto, hingga data-data penting lainnya akan rentan disalahgunakan oleh pihak lain. Kamu bisa meminimalkan risiko ini. Caranya:

  • Memberi password di aplikasi dan data yang penting
  • Mengaktifkan fitur di smartphone Samsung: Find My Mobile untuk mendeteksi dan melindungi smartphone kamu dari pencurian data. Dengan fungsi Find My Mobile, kamu dapat meminimalkan kemungkinan bocornya informasi pribadi dengan menggunakan fungsi 'Kunci Perangkat Saya' dan 'Kosongkan Perangkat Saya' jika smartphone kamu hilang. Selain itu, kamu dapat menemukan perangkat yang hilang menggunakan fungsi 'Temukan Perangkat Saya'


Buat kalian yang liburannya memungkinkan untuk jalan-jalan, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan ya. Kalau kalian di rumah saja pun jangan sedih, ada banyak hal asyik bisa dilakukan ditemani dengan HP kalian. Selamat menikmati liburan!



Simak Video "Terekam CCTV! Pemuda di Polewali Mandar Curi HP di Sebuah Hotel"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)