Cara Hapus Foto Intim yang Muncul di Google

Cara Hapus Foto Intim yang Muncul di Google

Aisyah Kamaliah - detikInet
Minggu, 18 Okt 2020 05:52 WIB
Ilustrasi pasangan suami istri yang terpisah jarak
Cara menghapus foto intim di Google. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Foto intim yang tersebar sebelah pihak atau 'revenge porn' bisa saja menimpa siapa pun. Google pun siap membantu siapa saja yang mengalami peristiwa tidak mengenakan ini.

Kita sering mendapati berita baik di Indonesia atau di luar negeri, penyebaran foto intim di internet. Pelaku biasanya kekasih yang putus cinta, selingkuhan, atau motif-motif lainnya. Tujuannya tentu saja untuk membuat korban merasa malu.

Mengutip laman resmi Support Google, Google mengatakan akan mendukung permintaan penghapusan gambar atau video tersebut dari hasil penelusuran Google. Adapun persyaratan untuk mewujudkan permintaan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Gambar menunjukkan Anda (atau orang yang Anda wakili) sedang telanjang, sedang melakukan tindakan seksual, atau dalam keadaan intim.

2. Anda (atau orang yang Anda wakili) tidak menyetujui gambar atau tindakan tersebut dan gambar dibuat tersedia untuk publik ATAU konten dimaksudkan bersifat pribadi dan gambar dibuat tersedia untuk publik tanpa izin Anda, seperti 'konten porno untuk balas dendam'.

"Kami mempertimbangkan kepentingan publik dan kelayakan untuk dipublikasikan saat menentukan apakah konten akan dihapus. Dalam sebagian besar kasus, jenis gambar ini dan konten yang menyertainya tidak memiliki nilai kepentingan publik. Dalam kasus yang sangat jarang terjadi, kami mungkin tidak menghapus konten yang dilaporkan berdasarkan kebutuhan kepentingan publik yang kuat untuk menjadikan konten tersebut tersedia bagi pengguna," tulis Google.

Berikut ini adalah formulir yang bisa diisi untuk mengajukan permohonan penghapusan gambar dan video intim yang tersebar tanpa konsensus. Klik di SINI untuk mengisinya. Ada beberapa pertanyaan yang perlu dijawab terlebih dahulu hingga akhirnya bisa mendapatkan formulir.

Pertanyaan yang harus diisi sebelum menuju formulir, diketahui Google menghapus foto intim atau vulgar yang tidak berdasarkan kesepakatan bersama untuk diunggah ke internet.Pertanyaan yang harus diisi sebelum menuju formulir, diketahui Google menghapus foto intim atau vulgar yang tidak berdasarkan kesepakatan bersama untuk diunggah ke internet. Foto: Google


Simak Video "Hukuman Denda Rp 362 Miliar dari Turki untuk Google"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)