Main Tinder? Ini 5 Tips Kencan Online yang Aman

Main Tinder? Ini 5 Tips Kencan Online yang Aman

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 18 Sep 2020 16:37 WIB
Young female medical student working at the hospital and medical staff, she is holding medical records
Ilustrasi kencan online seperti Tinder (Foto: dok. IStock)
Jakarta -

Kasus mutilasi di Kalibata City menjadi sorotan publik. Korban dan pelaku diketahui bertemu di Tinder. Kasus ini terang saja membuat rasa ngeri terhadap aplikasi kencan, namun perlu diingat segala sesuatu ada baik-buruknya.

Terlepas dari kasus tersebut, detikINET telah merangkum beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika mencari pacar di situs kencan, dikutip dari Safewise, Jumat (17/9/2020).

Tips kencan online yang aman:

1. Gunakan aplikasi kencan terpercaya

Situs kencan makin lama makin banyak. Tapi hati-hati, ada juga situs yang berisikan penipuan di dalamnya. Karena itu penting sekali sebagai dasar untuk memilih situs yang terpercaya sejak awal.

Kamu bisa memilih situs yang besar dan bereputasi seperti Tinder, JDate, Christian Mingle, OkCupid, dan Match.com untuk melindungi informasi pribadi. Sebagian besar dari layanan kencan online yang aman ini memerlukan biaya keanggotaan, jadi pilihlah dengan bijak.

2. Jangan terlalu detail

"Ada perbedaan antara cyber savvy dan cyber secure," kata Michael Kaiser, direktur eksekutif National Cyber Security Alliance.

Karenanya wajib bagi kamu untuk mengetahui hal apa yang bisa kamu bagikan dan mana yang tidak. Angka krusial apa pun (tanggal lahir misalnya) kemungkinan besar akan memunculkan namamu melalui pencarian internet yang terperinci. Mereka mungkin menemukan lokasi kantor di LinkedIn, alamat yang ditandai di postingan Instagram, atau nomor telepon yang ditautkan ke beberapa situs.

Intinya, jangan pernah memposting detail identitas apa pun di profil termasuk alamat, nomor telepon, atau email pribadi. Setel pengaturan keamanan ke tingkat maksimum di semua akun media sosial dan jangan pernah mengizinkan aplikasi untuk mengunggah keberadaanmu.