Tips Supaya Laptop dan HP Lancar Untuk WFH dan Belajar Online

Cara Cerdas untuk PSBB

Tips Supaya Laptop dan HP Lancar Untuk WFH dan Belajar Online

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 13 Sep 2020 16:24 WIB
Smiling millennial Indian girl in wireless headset sit at desk in living room study online on laptop, happy young ethnic female in headphones watch webinar or course on Internet on computer
Tips Supaya Laptop dan HP Lancar Untuk WFH dan Belajar Online (Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes)
Jakarta -

Aktivitas Work From Home (WFH) dan belajar online akan semakin banyak dilakukan seiring dengan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta. Ini tips mengoptimalkan perangkat kalian agar WFH dan belajar online jadi lancar.

Tips optimalisasi perangkat untuk menunjang kebutuhan WFH dan belajar online ini diungkapkan pengamat gadget dari Gadtorade Lucky Sebastian.

1. Cara Mengoptimalkan WFH dan Belajar Online Pakai Laptop

Kalau kalian online dengan laptop, kebanyakan kamera bawaan laptop 'sekadar ada'. Jika mau dipakai webinar atau direkam dan dilihat lebih banyak kolega atau umum, Lucky menuturkan fungsi ini bisa digantikan dengan kamera smartphone dan tidak usah membeli kamera webcam.

Cara menggunakan smartphone menjadi kamera untuk laptop juga sangat mudah, tinggal lihat step by step-nya sudah bertebaran di internet. Beberapa brand kamera DLSR atau mirrorless juga membuatkan aplikasi khusus untuk menggunakan kamera ini sebagai kamera untuk laptop.

Memanfaatkan laptop untuk kebutuhan WFH dan belajar online, terutama bila dilakukan secara multitasking, Lucky menyarankan agar memperhatikan besaran RAM pada laptop.

"Sebaiknya sekarang ini besaran RAM sudah minimal 8GB setidaknya. RAM 4GB dan laptop yang sudah cukup berumur, akan terasa mudah lag dengan aktivitas online sekarang ini," jelasnya.

2. Smartphone Bisa Jadi Andalan

Untuk smartphone sendiri, kalau kalian mau melakukan meeting atau sekolah online dengan suara yang jelas tanpa bantuan perangkat lain, diimbau smartphone kalian memiliki multiple mic, juga bisa tiga buah mic.

"Karena smartphone seperti ini bisa memfokuskan suara dari sumber suara, dan mengeliminasi suara sekitar," ujar pria berkacamata ini.

Tapi kalau smartphone kalian belum memiliki teknologi seperti ini, gunakan saja earphone berkabel atau TWS yang cukup berkualitas, ini akan lebih banyak membantu kalian fokus pada meeting. Sekaligus suara kita diterima orang tidak terlalu bising dengan suara sekitar.

Untuk penggunaan smartphone sebagai device meeting, selama meeting biasanya kita juga membuat catatan-catatan. Smartphone sekarang banyak yang sudah bisa melakukan multitasking bersamaan, di mana layar bisa dibagi menjadi dua atau lebih dengan aplikasi berbeda berjalan berbarengan.

"Smartphone dengan kemampuan seperti ini akan berguna, dan kita bisa menambahkan keyboard bluetooth untuk mengetik sambil melakukan meeting, layaknya seperti laptop," imbuhnya.