Tips Supaya Laptop dan HP Lancar Untuk WFH dan Belajar Online - Halaman 2

Cara Cerdas untuk PSBB

Tips Supaya Laptop dan HP Lancar Untuk WFH dan Belajar Online

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 13 Sep 2020 16:24 WIB
Smiling millennial Indian girl in wireless headset sit at desk in living room study online on laptop, happy young ethnic female in headphones watch webinar or course on Internet on computer
Tips Supaya Laptop dan HP Lancar Untuk WFH dan Belajar Online (Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes)

3. Cek Jaringan

Belajar online atau bekerja dari rumah secara online, Lucky menjelaskan sangat bergantung kepada jaringan yang digunakan, karena sifatnya dua arah kalau melakukan meeting online. Untuk itu, ada baiknya di cek jaringan yang seimbang antara kecepatan download dan upload.

Lucky juga mengatakan kebanyakan jaringan sangat menekankan kecepatan download, tetapi uploadnya kecil, sehingga saat digunakan meeting, kita bisa menerima gambar dari rekanan dengan baik, sementara gambar kita sendiri diterima mereka dalam delay atau resolusi yang sangat rendah.

Cara mengecek jaringan kalian, Lucky mengungkapkan bisa memanfaatkan salah satunya Speedtest dari Ookla. Nanti akan terlihat kecepatan download dan upload.

"Seringkali provider memberikan kecepatan upload hanya 1/10 kecepatan download, bahkan kurang," ujarnya.

4. Bijak Memilih Jaringan dan Kuota

Agar lebih optimal saat WFH maupun belajar online, Lucky mengatakan kalau menggunakan jaringan WiFi biasanya lebih stabil dibandingkan dengan jaringan seluler. Tetapi, jaringan WiFi ini juga banyak provider yang tidak seimbang antara kecepatan upload dan download.

Untuk kebutuhan WFH atau sekolah online ini membutuhkan kuota data yang lumayan besar, bisa sampai 80-100 GB per bulan hanya untuk meeting.

"Untuk itu ada baiknya kalau terasa berat membeli paket data, jika biaya 3-4 anak sudah di atas 300 ribu rupiah untuk kuota data, sebaiknya memasang WiFI saja dari provider, atau urunan bersama tetangga yang dekat. Misalnya 3 hunian untuk 1 WiFi," pungkasnya.

(agt/afr)