Cara Membuat Barcode di Komputer Sendiri Mudah dan Praktis

Cara Membuat Barcode di Komputer Sendiri Mudah dan Praktis

Puti Yasmin - detikInet
Rabu, 15 Jul 2020 14:48 WIB
Tanda barkod barang atau nomer kode barang. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Cara Membuat Barcode di Komputer Sendiri Mudah dan Praktis (Foto: Dikhy Sasra/detikcom)
Jakarta -

Barcode banyak dimanfaatkan untuk menyimpan informasi hingga memindai barang. Dengan melakukan melakukan scan pada barcode tersebut informasi mengenai barang akan keluar.

Selain barcode berbentuk garis, ada juga barcode dua dimensi atau biasa disebut barcode QR. Kode pada barcode akan menunjukkan informasi apa saja yang ingin dimasukkan, seperti lokasi alamat hingga informasi produk.

Berikut cara membuat barcode di komputer dikutip dari buku '111 Tip & Trik Menguasai Coreldraw Graphics Suite X4' karya Catur Hadi Purnomo:

1. Buka aplikasi Corel Draw dalam komputer atau laptop kamu. Kemudian, klik menu 'Edit' dan pilih 'Insert Barcode'.

2. Kemudian, layar akan menampilkan kotak dialog 'Barcode Wizard'. Lalu, pilih format standar barcode yang kamu inginkan, contohnya 'ISBN'.

3. Setelah memilih standar barcode tersebut, masukkan angka yang akan ditampilkan pada barcode. Misalnya 979-794-102 dan klik 'Next'.

4. Selanjutnya, layar akan kembali menampilkan kotak dialog dan klik 'Advance'. Kemudian, pilih 'Advanced Options' dan klik '978 attached' dan klik 'Ok'.

5. Klik 'Next' pada kotak dialog tersebut. Pilih 'Finish' dan angka terakhir pada barcode akan muncul secara otomatis. Kamu pun bisa langsung menggunakan barcode tersebut.

6. Untuk memberikan outline label para barcode kamu bisa menggunakan fitur 'Rectangle Tool' pada aplikasi Corel Draw. Klik, kemudian buat lah kotak mengelilingi barcode tersebut. Ukuran kotak juga bisa diatur pada toolbar di atas.

7. Tambahkan tulisan label dengan menggunakan fitur 'Text Tool'. Kamu bisa mengetik nama hingga harga barang dengan cara membuat barcode sendiri.

8. Setelah selesai membuat barcode tersebut, simpan dan lakukan ekspor label ke tipe gambar atau image yang diinginkan. Caranya blok gambar barcode, kemudian klik menu 'File Export'.

9. Terakhir, klik tombol 'Ok' dan layar akan menunjukkan kotak dialog untuk masuk ke halaman 'Convert to Bitmap'. Atur ukuran yang diinginkan pada kotak dialog tersebut dan pilih 'Ok' untuk melihat hasilnya.

Selamat mencoba cara membuat barcode!

sepeda


Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)