5 Cara Agar Data Akun Tokopedia Tidak Bocor

5 Cara Agar Data Akun Tokopedia Tidak Bocor

Niken Widya Yunita - detikInet
Selasa, 05 Mei 2020 03:30 WIB
e-Commerce Tokopedia
5 Cara Agar Data Akun Tokopedia Tidak Bocor (Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto)
Jakarta -

Sekitar 15 juta data pribadi pengguna akun Tokopedia diduga bocor dan dijual di situs gelap (darkweb). Hal ini membuat was-was penggunanya.

VP of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak mengatakan pihaknya selalu berupaya menjaga kerahasiaan data pengguna. Dia memastikan informasi penting pengguna, seperti password, tetap berhasil terlindungi.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate juga telah memberikan suaranya. Dia mengatakan, pemerintah akan menyelidiki kebocoran data pengguna Tokopedia dengan melibatkan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Lalu bagaimana agar ke depannya data akun Tokopedia kita tidak bocor? Ahli IT dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Ir Julio Adisantoso M.Kom kepada detikINET menyebutkan, ada 5 cara agar data akun Tokopedia kita tidak bocor.

Berikut 5 cara agar data akun Tokopedia tidak bocor:

1. Segera ubah password

Hal ini untuk menutup akses pencuri terhadap akun kita lebih lanjut. Juga dikhawatirkan pencuri mengubah password kita sehingga akun dikuasai oleh pencuri dan kita tidak bisa mengakses akun kita sendiri.

2. Lapor kalau akun Tokopedia tak bisa diakses

Jika kita tidak dapat mengakses akun kita sendiri karena misalnya sudah dikuasai oleh pencuri (mungkin password sudah diganti oleh pencuri), segera laporkan kepada pihak penyedia aplikasi tersebut.

3. Aktifkan Two Factor Authentication

Selain username dan password gunakan pengamanan baru yang dikenal dengan istilah Two Factor Authentication (TFA) atau verifikasi 2 langkah. Jadi harus aktifkan TFA tersebut. Tokopedia juga sudah mendukung TFA tersebut. Bisa juga menggunakan Google Authenticator, unduh aplikasinya di PlayStore atau AppsStore.

4. Jangan simpan informasi transaksi keuangan

Disarankan untuk tidak menyimpan informasi terkait transaksi keuangan, misalnya kartu kredit di situs online. Hal ini akan sangat membahayakan karena diduga dapat dibobol.

5. Aktifkan Automatic Update di Tokopedia

Cara agar data akun Tokopedia tidak bocor lainnya yakni aktifkan automatic updata di akun Tokopedia kita. Hal ini akan mempermudah kita mengetahui hal yang terbaru dan informasi terbaru dari Tokopedia.

Sementara itu, Donny BU, Pegiat Literasi Digital SiberKreasi / ICT Watch mengatakan, untuk memastikan agar akun Tokopedia kita tidak bocor, dia menyarankan untuk mengecek https://monitor.firefox.com/. "Bisa dicoba di sini https://monitor.firefox.com/," ujar Mantan Tenaga Ahli Menkominfo bidang Literasi Digital ini ketika dihubungi detikINET, hari ini.



Simak Video "BLACKPINK Dikonfirmasi Tampil di Tokopedia"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)