Cara Backup WhatsApp di Android dan iPhone

Cara Backup WhatsApp di Android dan iPhone

Puti Yasmin - detikInet
Senin, 06 Apr 2020 07:15 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Cara Backup WhatsApp/Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Backup menjadi salah satu cara mencegah hal yang tidak diinginkan pada data penting di WhatsApp. Nah, bagaimana cara backup WhatsApp di Android dan iPhone?

Selain untuk berjaga-jaga, backup data juga dilakukan saat seseorang mengganti handphone (HP). Dengan begitu, data, foto, dan chat lama bisa tersedia di Hp yang baru.

Cara memulihkan cadangan WA:

1. Android

Backup data WhatsApp di Android ke Google Drive cukup dengan menggunakan nomor telepon dan akun Google yang sama. Bila ingin melakukan backup, pengguna bisa buka WhatsApp. Kemudian pilih 'Opsi Lainnya' lalu 'Setelan', klik 'Chat' dan pilih 'Cadangan chat'.

Pilih cadangkan ke Google Drive dan frekuensi cadangan yang diinginkan selain jangan pernah. Klik akun Google yang ingin digunakan sebagai tempat backup.

Terakhir, pilih 'Cadangkan' untuk melakukan backup data. Bila telah selesai dilakukan, pengguna bisa melihat backup WhatsApp di Google Drive atau langsung mencobanya di HP baru dengan menginstall WhatsApp dan memulihkan data.

2. iPhone

Cara backup WhatsApp iPhone ke Google Drive hampir sama dengan Android. Pengguna cukup membuka aplikasi WhatsApp dan pilih pengaturan, lalu klik 'Chat', dan 'Cadangkan' atau 'Backup'.

Terakhir, klik 'Cadangkan Sekarang' atau 'Auto Backup'. Maka, data di WhatsApp akan tersimpan aman di Google Drive yang terhubung dengan nomor WA.

Selamat mencoba cara backup WhatsApp ya!



Simak Video "Begini Cara Dapatkan Stiker Animasi di WhatsApp!"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)