Tips Memilih Laptop untuk Video Editing

Tips Memilih Laptop untuk Video Editing

tim - detikInet
Kamis, 06 Feb 2020 12:56 WIB
Closeup of woman doing online shopping on digital tablet at home. Rear view of woman hand touching screen while selecting shoes on ecommerce portal. Lady use e-commerce webshop to buy shoes.
Ilustrasi laptop. Foto: iStock
Jakarta -

Salah satu segmen yang tengah ramai disasar oleh pabrikan laptop adalah para kreator konten, karena kabarnya permintaan untuk laptop di segmen ini terbilang besar.

Kreator konten yang dimaksud di sini contohnya adalah fotografer, desainer grafis, animator 3D, serta editor video. Jadi, laptop dengan spesifikasi seperti apa sih yang dibutuhkan untuk pekerjaan-pekerjaan seperti itu?

Prosesor dan RAM

Ini adalah dua komponen yang bisa dibilang paling penting untuk untuk laptop kreator konten. Kebanyakan aplikasi yang mereka pakai dioptimasi untuk bisa memanfaatkan CPU modern dengan jumlah core yang banyak.

Jadi cara paling mudah untuk memilihnya adalah, semakin banyak core yang dimiliki maka biasanya akan semakin bagus. Selain jumlah core, hal penting lain dari prosesor ini adalah jumlah thread yang dimiliki. Aturannya pun sama, semakin banyak maka akan semakin bagus.

"Yang harus perhatikan adalah sistem dnegan prosesor kencang dengan multi core, seperti lini produk Intel Core i7 adalah pilihan yang bagus. Software kami sudah dioptimasi untuk memanfaatkan dari multithread jadi anda akan bisa memaksimalkan chip ini," ujar Michel Yavercovski, Senior Director of Product Management for Corel video products, seperti dikutip detikINET dari Tech Radar, Kamis (6/2/2020).

Untuk menilai kemampuan prosesor tersebut, biasanya software yang dipakai adalah Cinebench, karena mempunyai prinsip yang sama dengan software editor seperti Apple Final Cut Pro dan Adobe Premiere Pro, yang memang dibuat untuk bisa mendistribusikan 'pekerjaan' ke semua core yang dimiliki oleh prosesor.

Butuh angka patokan skor Cinebench? Skor di atas 700 sebenarnya sudah relatif bagus untuk sebuah laptop, alias sudah cukup mumpuni untuk dipakai mengolah video. Meski sebenarnya saat ini skor prosesor laptop seperti Intel Core i7-9750H bisa dengan mudah menembus skor 900, atau bahkan 1000 jika suhunya bisa dijaga tetap rendah.

Soal RAM pun mudah, pilihlah dengan kapasitas yang terbesar, dan bahkan usahakan untuk mengaktifkan 'dual channel' di RAM-nya. Biasanya ada pembuat laptop yang memberikan slot SODIMM tambahan agar penggunanya bisa menambah RAM dan mengaktifkan 'dual channel' agar performanya meningkat.