Kamis, 12 Sep 2019 18:55 WIB

Charger dan Earphone Sering Rusak? Simak Cara Benar Menyimpannya

Aisyah Kamaliah - detikInet
1 Cara menyimpan earphone
Halaman 2 dari 2
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock

"Mereka yang sangat mobile boleh juga invest untuk membeli kabel yang memang bahannya lebih kuat, seperti kepala colokan (usb) terbuat dari alumunium dan bahan kabel dengan perlindungan lebih seperti protective mesh dan nylon fibre.

"Untuk mereka yang bisa sangat apik, menggunakan tas atau dompet khusus yang banyak tersedia untuk traveling membawa banyak kabel, boleh dipertimbangkan," kata Lucky.

Sama halnya dengan charger, kalau earphone bagaimana cara simpannya?


Kabel earphone biasanya lebih tipis dan kecil, mudah rusak karena sering kusut saat diurai karena cara menggulung yang seadanya. Sebenarnya mudah kok merawatnya.

"Intinya jangan sampai kusut (tangled), sehingga kabel di dalamnya yang kecil sering tertarik dan mungkin putus. Sama dengan kabel charger, kabel earphone juga sering bermasalah dekat sambungan ke earpiece, jadi lebih hati-hati dibagian ini," ujar Lucky.

"Earphone yang bagus seringkali tidak murah, harganya bisa jutaan. Cara paling mudah dan aman untuk menyimpannya sebaiknya setelah digulung jangan langsung dimasukkan bersama barang-barang lain ke tas atau dikantungi. Gunakan case kecil wadahnya yang banyak dijual dipasaran yang cukup keras untuk melindungi earphone," pungkas ia.

(ask/krs)