Rabu, 22 Nov 2006 15:47 WIB

100 Tunanetra Adu Keterampilan Komputer

- detikInet
Jakarta - Sebanyak 100 orang tunanetra akan unjuk keterampilan menggunakan komputer di Jakarta. Lomba akan diikuti peserta tunanetra dari berbagai daerah di Indonesia.Para penyandang tunanetra akan ditantang kemampuannya dalam mengoperasikan komputer. Mereka akan berkompetisi mengoperasikan komputer bicara untuk aplikasi pengolah kata (word processing), kertas kerja (spreadsheed) dan internet (browsing, chating, e-mail).Adu keterampilan komputer tersebut merupakan salah satu acara dalam kemah komputer bertajuk "The First National Computer Camp for the Blind". Acara yang diselenggarakan oleh Yayasan Mitra Netra ini, akan berlangsung di Auditorium Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta, 23-24 November 2006.Untuk menjadi peserta, para tunanetra disyaratkan memiliki kemampuan mengoperasikan komputer bicara, minimal untuk program Microsoft Word."Saat ini panitia tengah menyiapkan fasiltas lomba, diantaranya menginstalasi software screen reader di 100 notebook yang akan dipakai peserta lomba," kata Riyanti Ekowati, Ketua Panitia "The First National Computer Camp for the Blind", saat dihubungi detikINET, Rabu (22/11/2006). Software screen reader yang digunakan adalah JAWS for Windows, besutan Freedom Scientific asal Amerika Serikat.Disampaikan Riyanti, ajang ini merupakan yang pertama kalinya di Indonesia. Pesertanya tidak hanya dari Jakarta, tapi ada yang dari Yogyakarta, Malang, Surabaya, Bandung dan Bukitinggi. "Keseratus peserta sudah pernah mendapat kursus komputer yang diselenggarakan Mitra Netra di beberapa daerah di Indonesia," ujarnya.Selama ini Mitra Netra telah membentuk kelompok kerja di daerah, untuk menyelenggarakan kursus komputer bagi tunanetra di daerah-daerah. Sampai saat ini kelompok-kelompok kerja sudah berdiri diantaranya di Aceh, Medan, Makassar, Bandung, sehingga para tunanetra tidak harus ke Jakarta untuk megikuti kursus komputer bicara.Jika sukses, bukannya tidak mungkin acara serupa akan digelar di daerah-daerah lain di luar Jakarta. Kemah komputer ini juga akan dilengkapi seminar Teknologi Informasi (TI), malam keakraban, pertandingan catur menantang master catur Susanto Megaranto, serta malam kesenian yang ditujukan untuk mengeksplorasi kemampuan seni para tunanetra. Sejumlah artis dijadwalkan hadir pada malam kesenian, yaitu Henny Purwonegoro, Lucky "Indonesia Idol", Neno Warisman dan Ernie Djohan. (ketepi/ketepi)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • photo Iklan Kreatif yang Sayang Konsumen FotoINET

    Iklan Kreatif yang Sayang Konsumen

    Rabu, 13 Des 2017 08:48 WIB
    Sadar bahwa mencuri perhatian konsumen bukan hal mudah, iklan-iklan ini pun dibuat tak hanya menarik, tetapi juga berkesan dan sayang pada konsumennya.
  • Survei: Palestina Satukan Netizen Indonesia

    Survei: Palestina Satukan Netizen Indonesia

    Selasa, 12 Des 2017 23:23 WIB
    Keputusan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel mendapat perhatian yang sangat besar dari netizen Indonesia.