Internet Telkomsel Berangsur Pulih di Jawa Timur-Papua

Internet Telkomsel Berangsur Pulih di Jawa Timur-Papua

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Rabu, 22 Sep 2021 21:06 WIB
Logo Telkomsel
Internet Telkomsel Berangsur Normal di Jawa Timur-Papua (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Telkomsel masih terus berupaya memulihkan layanan usai gangguan kabel bawah laut Jasuka. Akses internet di Jawa Timur-Papua berangsur normal.

Hal ini diumumkan Telkomsel dalam postingan di Twitter resmi mereka, Rabu (22/9/2021). Gangguan pada kabel laut Jasuka berdampak pada penurunan layanan internet di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

"Akses layanan internet Telkomsel di sejumlah wilayah yang terdampak sudah berangsur normal, terutama di wilayah operasional Papua, Maluku, Sulawesi, Kalimantan, Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara," kata Telkomsel.

Untuk memastikan layanan berkualitas, Telkomsel dan Telkom mempercepat pemulihan akses layanan internet di wilayah terdampak. Untuk wilayah lainnya, Telkomsel mengklaim layanan sudah berjalan normal.

"Selain wilayah terdampak yang gangguan, layanan Telkomsel secara keseluruhan masih berjalan normal dan tetap dapat digunakan untuk kebutuhan layanan telekomunikasi, baik telepon, SMS maupun akses internet," jelas Telkomsel.

Sebelumnya, terjadi gangguan pada Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Jawa-Sunda-Kalimantan (Jasuka). Masalah ini muncul pada Minggu, 19 September 2021 mulai sekitar pukul 17.33 WIB. Akibatnya, layanan Telkomsel dan Indihome terganggu di sejumlah wilayah Indonesia.

Banyak pengguna Telkomsel dan Indihome mengeluhkan turunnya kualitas layanan internet mereka. Terlebih lagi, hal ini dirasakan oleh mereka yang membutuhkan akses internet untuk Work From Home (WFH) dan juga belajar dari rumah.

Belum diketahui secara pasti apa penyebab gangguan yang terjadi pada kabel laut Jasuka tersebut. Telkom menyebutkan saat ini gangguan teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 kilometer lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.



Simak Video "Berapa Harga Paket 5G Telkomsel?"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)