Kominfo: Awal Agustus, XL Axiata Jajal Internet 5G di Depok

Kominfo: Awal Agustus, XL Axiata Jajal Internet 5G di Depok

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 26 Jul 2021 13:41 WIB
Teknisi XL Axiata memeriksa perangkat BTS di kawasan Rasuna Said, Jakarta, Senin (10/2/2020). XL Axiata Tbk berhasil meraih pendapatan sebesar Rp 25,15 trilliun atau meningkat sembilan persen dibandingkan tahun sebelumnya, yang didorong oleh peningkatan pendapatan layanan sebesar 15 persen YoY, dan pertumbuhan pendapatan tersebut melampui pendapatan rata-rata industri.
Kominfo: Awal Agustus, XL Axiata Jajal Internet 5G di Depok Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyebutkan akan menggelar Uji Laik Operasi (ULO) 5G XL Axiata pada 2-4 Agustus 2021.

Dengan sudah ditentukan waktu ULO 5G tersebut, itu artinya dalam waktu dekat XL Axiata akan menyusul Telkomsel dan Indosat Ooredoo yang sudah lebih dulu mengkomersialisasikan layanan jaringan seluler generasi kelima.

Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi mengatakan, XL Axiata akan menjajal internet 5G dengan menggunakan pita frekuensi 1.800 Mhz.

"Kementerian Kominfo telah menjadwalkan Uji Laik Operasi (ULO) untuk perangkat 5G pada frekuensi 1.800 MHz yang akan digunakan oleh XL Axiata, pada tanggal 2-4 Agustus 2021 di Kota Depok," ujar Dedy kepada detikINET, Senin (26/7/2021).

Hanya saja, ULO 5G yang dilakukan Kominfo dengan operator seluler yang identik warna biru ini tergantung dengan pemberlakuan PPKM Level 4. Aturan itu sebagai upaya pencegahan penularan kasus COVID-19.

"Namun, kepastian jadwal pelaksanaan tersebut bergantung pada aturan PPKM Level 4 yang saat ini sedang berlaku di kawasan Jabodetabek," ucapnya.

Sebagai informasi, tahapan ULO merupakan hal yang penting sebelum digelarnya teknologi baru, termasuk 5G. Berdasarkan Peraturan Menteri Nomor 1 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Jaringan Telekomunikasi, operator seluler melakukan ULO terlebih dahulu sebelum menghadirkan teknologi terbaru ke publik secara komersial.

Setelah dilakukan ULO, yang mana pengujian teknologi seluler generasi kelima tersebut sukses dan berhasil. Tahapan selanjutnya, Kominfo penerbitan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) sebagai syarat operator jualan layanan 5G ke publik.

Saat ini, XL Axiata mempunyai alokasi spektrum di pita frekuensi 900 MHz dengan lebar pita 7,5 MHz, 1.800 MHz dengan lebar pita 22,5 MHz, dan 2.100 MHz dengan lebar pita 15 MHz.

Sebelumnya, Telkomsel menjadi pioner dengan menghadirkan layanan 5G pada 27 Mei 2021. Setelah itu, Indosat Ooredoo jadi operator seluler kedua yang meresmikan 5G pada 22 Juni 2021.



Simak Video "Walau Sudah Bisa 5G, XL Axiata Masih Pakai Spektrum untuk 4G"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)