XL Axiata Selimuti Sulawesi Utara dengan 4G 100%

XL Axiata Selimuti Sulawesi Utara dengan 4G 100%

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 25 Jun 2021 22:11 WIB
BTS XL Axiata
Foto: XL Axiata
Jakarta -

XL Axiata memperluas jaringan sampai ke Sulawesi Utara. Wilayah tersebut saat ini sudah diselimuti 4G XL Axiata 100%.

Group Head East Region XL Axiata, Dodik Ariyanto mengatakan, saat ini layanan XL Axiata di Sulawesi Utara sudah dijangkau 100% dengan jaringan 4G, total 97 kecamatan, dan 776 desa.

"Dalam beberapa tahun terakhir ini, perusahaan juga terus melakukan perluasan ke area-area yang belum terjangkau layanan seluler, khusus di wilayah ini XL Axiata telah menambah sekitar 161 BTS 4G," ujar Dodik seperti dalam siaran persnya, Jumat (25/6/20221).

Perluasan jaringan di Sulawesi Utara bagian dari penguatan jaringan di seluruh Sulawesi serta Kawasan Timur Indonesia yang saat ini gencar dilaksanakan XL Axiata. Di seluruh Sulawesi, XL Axiata memiliki total lebih dari 7 000 BTS, sebanyak lebih dari 40% di antaranya BTS 4G, yang melayani sebanyak lebih dari 2,5 juta pelanggan.

Khusus di Sulawesi Utara, saat ini XL Axiata punya lebih dari 1.000 BTS yang tersebar di empat kota dan tujuh kabupaten yang melayani total lebih dari 150 ribuan pelanggan.

Seluruh area di Sulawesi Utara telah terlayani jaringan BTS 4G. Pelanggan terbanyak ada di Kota Manado, lebih dari 63 ribu pelanggan, menyusul Kabupaten Minahasa sekitar 30 ribuan pelanggan, dan Minahasa Utara sekitar 22 ribuan pelanggan.

Operator seluler yang identik warna biru ini akan terus memperluas jangkauan jaringannya agar layanan bisa lebih merata menjangkau area-area dengan potensi ekonomi besar, termasuk sejumlah area destinasi wisata dan kawasan industri.

Dalam dua tahun terakhir, trafik layanan data XL Axiata terus meningkat sekitar 183 %. Trafik ini berpotensi terus meningkat, mengingat kebutuhan masih tinggi, begitu juga masih dilakukan pembelajaran jarak jauh alias belajar online.

Program fiberisasi jaringan data di provinsi ini masih diupayakan. Terkini, fiberisasi sudah mencapai sekitar 22% dari BTS yang ada di wilayah tersebut.

"Jika jalan tol yang saat ini dibangun dari Danowudu ke Bitung sudah selesai dan dioperasikan, maka aktivitas ekonomi akan semakin meningkat,. Berbagai sektor ekonomi akan tumbuh karena mobilitas dari Manado sampai Bitung sebagai dua pusat ekonomi, menjadi lebih lancar," tutur Dodik.

Khusus di Kawasan Ekonomi Khusus Bitung dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Manado-Bitung-Likupang, XL Axiata telah mengoperasikan sekitar 58 BTS 3G/4G," tambah Dodik.



Simak Video "Walau Sudah Bisa 5G, XL Axiata Masih Pakai Spektrum untuk 4G"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/rns)