Ada Jaringan 5G di Solo, Gibran Mau Lakukan Ini

Ada Jaringan 5G di Solo, Gibran Mau Lakukan Ini

Bayu Ardi Isnanto - detikInet
Selasa, 22 Jun 2021 21:00 WIB
Indosata Ooredoo resmi menggelar layanan 5G secara komersial di Indonesia. Solo jadi kota pertama kelahiran 5G Indosat tersebut.
Peresmian 5G Indosat di Solo. Foto: Indosat Ooredoo
Solo -

Solo menjadi kota pertama yang memiliki jaringan 5G Telkomsel dan Indosat Ooredoo. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengaku punya sejumlah rencana untuk memanfaatkan jaringan internet super cepat itu. Apa saja?

Gibran mengatakan salah satu pemanfaatannya ialah untuk kampung pintar atau smart kampung. Dia ingin warga kampung bisa mengakses layanan pemerintah melalui jaringan internet.

"Ada smart kampung, surveillance camera. Jadi setiap kampung ada dikasih LCD sama modem untuk layanan publik, keluhan warga, harga bahan pokok, semua real time lewat situ," kata Gibran di Balai Kota Solo, Selasa (22/6/2021).

Gibran mengatakan Kota Solo sebetulnya sudah menjalankan tahapan sebagai smart city. Kehadiran jaringan 5G diyakini akan membuat pelayanan Pemkot Solo semakin baik.

"Sebetulnya sebelum 5G Pemkot Solo sudah melakukan tahapan smart city. Seperti layanan dalam satu genggaman, tidak perlu datang ke kantor bisa. Tentu adanya 5G akan mempercepat pelayanan publik. Pelayanan menjadi dipermudah dan tidak terbatas jam kerja, tapi bisa 24 jam," ujar Gibran.

Beberapa waktu lalu, Syahran Mustofa, Enterprise Manager Advanced Connectivity Portfolio Management Telkomsel, telah menawarkan program kepada Gibran dalam pemanfaatan 5G.

"Tadi sudah dijelaskan ke Pak Gibran soal video API dan itu dia paling tertarik," ujar Syahran saat ditemui usai acara 'Hyper 5G Unlock The Future' Telkomsel dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) di Solo, Kamis (3/6/2021).

Video API ini bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Salah satunya untuk menjembatani komunikasi, kritik atau bantuan antara pemerintah dan masyarakat tanpa harus tatap muka. Fitur video API ini akan semakin canggih dengan bantuan 5G yang membuat gambar dan suara bisa tertransmisi dengan baik dan jelas.

Ke depannya, video API ini pun diharapkan dapat membantu para UMKM di Solo menawarkan produk mereka ke seluruh Indonesia. Dengan kecepatan dan gambar terlihat lebih halus, diharapkan ini dapat mendorong gairah masyarakat dalam melakukan bisnis.

Vice President Enterprise Business Management Telkomsel Harnang Setiohargo juga mengatakan kepada detikINET bahwa 5G di Solo bisa dimanfaatkan untuk hal lain semisal untuk wisata dengan VR.

"Kami sudah tawarkan ke Pak Wali Kota, mungkin bisa di Pasar Klewer pedagang jualan pake Orbit (Modem WiFi Telkomsel). Memang 5G kalau dipakai pribadi ini agak dirasa berlebih tapi secara bisnis ini sangat bermanfaat sekali," tutur Harnang.



Simak Video "Indosat Luncurkan 5G di Solo, Gibran: Semua untuk Masyarakat"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)