Segini Kecepatan 5G Indosat Saat Dijajal di Solo

Segini Kecepatan 5G Indosat Saat Dijajal di Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikInet
Selasa, 22 Jun 2021 15:45 WIB
Indosata Ooredoo resmi menggelar layanan 5G secara komersial di Indonesia. Solo jadi kota pertama kelahiran 5G Indosat tersebut.
Peluncuran 5G Indosat di Solo. Foto: Indosat Ooredoo
Solo -

Indosat Ooredoo resmi meluncurkan layanan 5G komersial di Kota Solo. Seberapa ngebut internet 5G Indosat ini saat diuji coba?

SVP Head of Network Operation Indosat Ooredoo, Agus Sulistio, mengatakan kecepatan internet 5G mencapai 550 Mbps. Sementara tingkat latensinya sekitar 10 ms.

"Pada saat pengujian speed tertinggi kita 550 Mbps, itu kita dapatkan di latensi sekitar 10 ms. Kita masih improve lagi. Tapi dengan speed tersebut, sudah lebih dari cukup untuk menjalankan fungsi-fungsi IoT (Internet of Things) saat ini," kata Agus dalam jumpa pers di Balai Kota Solo, Selasa (22/6/2021).

Pengujian dilakukan dengan sejumlah ponsel yang sudah support jaringan 5G, antara lain Huawei dan Xiaomi. Menurutnya, tidak ada kendala dalam pengujian internet 5G Indosat dengan menggunakan ponsel-ponsel tersebut.

"Jumlah perangkat 5G di Indonesia masih terbatas, kita pakai Huawei, Xiaomi Mi 11. So far tidak ada kendala," kata dia.

Sementara itu, SVP Head of Business Planning Indosat Ooredoo, Shatya Framudia menjelaskan internet 5G saat ini memang belum mencakup seluruh wilayah di Solo. 5G baru melayani kawasan tertentu.

"Cakupan area belum semua di Solo, tapi fokus ke yang memberikan manfaat ke masyarakat dahulu, seperti pemerintahan dan sekolah, selanjutnya ke industri," kata Shatya.

Terkait dengan berapa tarifnya, Shatya mengatakan Indosat tidak membuat paket khusus untuk layanan 5G, melainkan menggunakan paket yang sudah ada. Harga paket berada di kisaran Rp 100 ribu.



Simak Video "4 Lokasi Awal yang Bisa Nikmati Layanan 5G Indosat"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)