Smartfren Kembali Jajal 5G Sebelum Susul Telkomsel-Indosat

Smartfren Kembali Jajal 5G Sebelum Susul Telkomsel-Indosat

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 16 Jun 2021 17:15 WIB
Deputy CEO Smartfren Djoko Tata Ibrahim
Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta -

Smartfren jadi operator seluler berikutnya yang tampak serius terjun di 5G. Smartfren akan kembali menjajal jaringan 5G sebelum resmi mengkomersialisasikannya.

Pada Kamis (17/6) Smartfren dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dijadwalkan melakukan pengujian jaringan seluler generasi kelima.

"Besok kita baru mau trial test engine kita. Disaksikan oleh pejabat Menkominfo," kata CEO Deputi Smartfren Djoko Tata Ibrahim saat dihubungi detikINET, Rabu (16/6/2021).

Djoko mengatakan saat ini Smartfren belum mengajukan permohonan Uji Laik Operasi (ULO) 5G ke Kominfo. Perusahaan ini benar-benar mematangkan teknologi tersebut sebelum membawakannya kepada pelanggan.

"Iya, kira-kita begitu," ucapnya.

Djoko menambahkan sampai sekarang pihaknya sudah melakukan pengujian 5G sebanyak tiga kali.

Sejauh ini diketahui baru ada operator seluler yang sudah menggelar layanan 5G secara komersial, yaitu Telkomsel dan Indosat Ooredoo. Apabila Telkomsel sudah menghadirkan 5G di berbagai daerah secara terbatas, Indosat baru akan meresmikannya pada pekan depan.

Adapun ke perusahaan tersebut telah mengantongi restu Kementerian Kominfo berupa Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) sebagai syarat wajib sebelum jualan 5G kepada pelanggan.



Simak Video "Berapa Kira-kira Harga Paket Internet 5G? Ini Jawaban Smartfren"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)