Apa Beda 5G Indosat dan Telkomsel?

Apa Beda 5G Indosat dan Telkomsel?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 16 Jun 2021 06:45 WIB
Ilustrasi 5G
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Indosat Ooredo menyusul Telkomsel turut terjun ke layanan 5G secara komersial di Indonesia. Lantas, apa bedanya 5G Indosat dan Telkomsel ini?

Pita Frekuensi 5G

Dari sisi frekuensi yang dipakai untuk menghadirkan jaringan 5G ini, Indosat Ooredoo menggunakan pita frekuensi 1800 MHz dengan lebar pita 20 MHz di rentang 1837,5 MHz sampai dengan 1857,5 MHz.

Sedangkan, Telkomsel memanfaatkan pita frekuensi 2,3 GHz dengan lebar pita 30 MHz di rentang 2300 MHz sampai dengan 2330 MHz. Adapun, tambahan spektrum 20 MHz dari lelang frekuensi 2,3 GHz belum digunakan, mengingat belum dilakukan penataan ulang (refarming) agar berdampingan.

Pengamat gadget Lucky Sebastian mengatakan sejatinya antara 2,3 GHz dan 1,8 GHz berdekatan, jadi tidak ada perbedaan kecepatan yang signifikan. Terkecuali digelar di 700 MHz, akan terasa perbedaannya.

"Kalau di 700 MHz kecepatannya nggak bisa tinggi, tapi jangkauannya jauh. Kalau 2,3 GHz ke 1,8 GHz mirip-mirip saja, tergantung lebar pita yang dipakai," ujar Lucky.

Lucky mengungkapkan dari alokasi spektrum yang dipakai untuk menggelar 5G, Telkomsel dengan lebar pita 30 MHz akan lebih ngebut dibandingkan Indosat Ooredoo dengan sokongan lebar pita 20 MHz.

Secara teori, kecepatan internet 5G bisa terasa apabila spektrum yang dipakai minimal 80 MHz hingga 100 MHz. Kendati begitu, Sekjen Pusat Kajian Kebijakan dan Regulasi Telekomunikasi Institut Teknologi Bandung (ITB) Muhammad Ridwan Effendi mengatakan, layanan 5G masih bisa digelar dengan modal spektrum yang dimiliki operator seluler.

"Memang belum optimal untuk 5G, idealnya 100 MHz. Tetapi, kalau dianalisis kecepatannya sudah lumayan sekian puluh persen dari kecepatan optimal itu, sehingga itu sudah memenuhi mau dijual layanan 5G-nya," ucapnya.

Berbicara hal teknis tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membebaskan penggelaran layanan 5G di spektrum mana saja, hal itu dikarenakan sudah teknologi netral.

>>>>> Halaman berikutnya lokasi perdana 5G Indosat Ooredoo dan Telkomsel