Lagi-lagi Solo Jadi Kota Primadona Telkomsel dan Indosat Gelar 5G

Lagi-lagi Solo Jadi Kota Primadona Telkomsel dan Indosat Gelar 5G

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 14 Jun 2021 20:20 WIB
Telkomsel 5G
Foto: Agus Tri Haryanto/detikinet
Jakarta -

Solo bukanlah ibu kota provinsi, namun kota ini terasa istimewa setelah dua operator seluler menggelar layanan 5G di wilayah ini.

Sejauh ini, baru dua operator seluler yang mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), yaitu Telkomsel dan Indosat Ooredoo yang bisa menghadirkan jaringan 5G secara komersial.

Telkomsel mendapatkan SKLO 5G tersebut sejak 25 Mei lalu dan saat ini sudah mengkomersialisasikannya ke berbagai kota. Sedangkan, Indosat menerima SKLO 5G pada 14 Juni 2021.

Menariknya, tidak hanya ibu kota provinsi, Telkomsel dan Indosat sama-sama membidik Solo sebagai lokasi perdana 5G mereka.

Beberapa waktu lalu saat peresmian 5G Telkomsel di Solo, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, tak menampik ada lobi Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming untuk menghadirkan internet super cepat.

"Pada kunjungan sebelumnya, beberapa bulan lalu, bapak wali kota (Gibran Rakabuming) menyampaikan harapannya agar infrastruktur telekomunikasi di Surakarta dan sekitarnya bisa dihadirkan internet cepat, secara spesifik 5G," ujar Johnny, Kamis (3/6).

Menkominfo menuturkan, Solo tidak hanya jadi salah satu kota perintis 5G di Indonesia, tapi karena kota tersebut memang sudah jadi kota perintis sebelumnya.

"Mulai dari awal olahraga, pers, dan banyak gagasan-gagasan pemerintah muncul juga dari kota sini. Memilih Surakarta, memilih Solo, ada pertimbangan komersial. Dalam implementasi 5G, pertimbangan komersial menjadi sangat penting," tuturnya.

>>>>> Halaman berikutnya daftar wilayah/kota yang ada layanan 5G Telkomsel dan Indosat Ooredoo