Jajal Jaringan 5G di Medan Sampai 596 Mbps

Jajal Jaringan 5G di Medan Sampai 596 Mbps

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikInet
Minggu, 13 Jun 2021 17:50 WIB
Uji Kualitas Jaringan 5G di Medan
Speed test jaringan 5G Telkomsel di Medan (Foto: Ahmad Arfah Fansuri Lubis/detikcom)
Medan -

Jaringan 5G Telkomsel sudah bisa dinikmati di sejumlah wilayah di Medan. Kecepatannya mencapai 596 Mbps untuk download dan 70,3 Mbps untuk upload.

Demikian angka yang diperoleh saat detikINET mengujinya di GraPARI Telkom Group Medan. Angka ini belum merupakan angka maksimal yang dapat diperoleh dari jaringan 5G di Medan. Manager Corporate Communication Telkomsel Area Sumatera, Hanny Hairany, mengatakan jaringan 5G ini harusnya bisa mencapai 750 Mbps untuk download.

"(Secara teknis) sinyal 5G bisa memberikan kecepatan download hingga 400 Mbps untuk ORBIT dan hingga 750 Mbps untuk mobile. Namun, rata-rata pengalaman download bisa mencapai kecepatan hingga 100 - 250Mbps," kata Hanny kepada detikINET di Medan, Minggu (13/6/2021).

Hanny mengatakan ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan download ini. Salah satunya faktor yang mempengaruhi adalah kepadatan pengguna 5G di lokasi itu.

"Tergantung kepada kualitas sinyal, kapabilitas perangkat 5G yang digunakan dan kepadatan pelanggan 5G di lokasi tersebut," ucapnya.

Hanny mengatakan pengalaman pelanggan akan menjadikan masukan bagi pihaknya untuk mengembangkan jaringan 5G. Saat ini, cakupan layanan 5G ini ada di beberapa titik di Kota Medan yang sudah bisa dinikmati oleh para pelanggan.

"Untuk kota Medan, wilayah cakupan Telkomsel 5G meliputi area GraPARI Telkom Group Medan, area residensial Bukit Hijau Regency (BHR Residence), Taman Setia Budi Indah (Tasbih 1) dan Perumahan Dinas Pemerintahan di Jalan Jenderal Sudirman," tutur Hanny.

Hanny memastikan jaringan cakupan jaringan 5G Telkomsel di Medan ini akan terus diperluas lagi di masa mendatang. Hal ini tentunya bertujuan agar jaringan 5G bisa menjangkau pelanggan lebih banyak lagi.



Simak Video "Berapa Harga Paket 5G Telkomsel?"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)