Perbaikan Kabel Laut yang Putus di Jayapura Rampung Kapan?

Perbaikan Kabel Laut yang Putus di Jayapura Rampung Kapan?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 18 Mei 2021 11:10 WIB
Internet di Jayapura Lumpuh akibat kabel laut putus, 1 Mei 2021
Foto: (dok Kominfo)
Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengungkapkan perbaikan kabel bawah laut yang putus di utara Jayapura, Papua, diharapkan selesai Juni 2021.

Sejak Jumat (30/4), akses internet di Jayapura dan sekitarnya sempat mati akibat putusnya kabel bawah laut milik Telkom Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) ruas Biak - Jayapura.

Mulai dari kejadian tersebut, pemulihan jaringan terus digeber oleh Telkom. Selama perbaikan kabel bawah laut yang putus, perusahaan plat merah ini mengoptimalkan satelit hingga Palapa Ring Timur.

"Putusnya kabel bawah laut di utara Jayapura di kedalaman lebih dari 4.000 meter yang saat ini sedang dilakukan pemulihan transmisi data dari Indonesia barat menuju Indonesia timur, demikian sebaliknya," ujar Johnny, Senin (17/5/2021).

Menkominfo mengungkapkan bahwa perbaikan jaringan kabel bawah laut di utara Jayapura itu dapat selesai bulan depan.

"Kita sama-sama ketahui bahwa kendala penanganan kabel bawah laut yang putus itu ada di kedalaman 4.000 meter dengan tekanan 400 bar lebih, tentu tidak mungkin dilakukan secara manual, dikarenanya dibutuhkan alat khusus untuk mengangkat dan melakukan penyambungannya kembali," tuturnya.

Sebelumnya, Telkom telah meningkatkan kualitas layanan Telkomsel dan IndiHome di Jayapura mencapai 4,7 Gbps. Adapun dukungan itu melalui link satelit 2.662 Mbps, radio long haul Palapa Ring Timur 500 Mbps, dan radio long haul Sarmi-Biak 1.600 Mbps.

Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono mengatakan layanan Telkomsel dan IndiHome dapat dinikmati baik suara maupun data dengan menyesuaikan bandwidth yang tersedia.

Pujo mengatakan, kabel bawah laut yang putus itu ada di dasar laut, 280 km dari Biak dan 360 km dari Jayapura yang terjadi pada 30 April 2021. Sementara itu, perbaikan ruas SMPCS ditargetkan selesai pada minggu pertama Juni 2021.

"Untuk melakukan penyambungan kabel laut, kami tengah mempersiapkan beberapa hal terkait pekerjaan yang melibatkan penggunaan kapal khusus, seperti perizinan, ketersediaan expert yang melakukan penyambungan kabel, dan ketersediaan perlengkapan," ucapnya.

"Kami menargetkan proses pengangkatan dan penyambungan kabel akan selesai pada minggu pertama Juni 2021. Meski demikian, hal tersebut masih mungkin dipercepat apabila proses pencarian dan penyambungan dapat dilakukan lebih cepat dari perkiraan waktu," tambah Pujo.



Simak Video "Menkominfo Pastikan Data Pengguna QR Code di PeduliLindungi Aman!"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)