Telkomsel Suntik Gojek Rp 4,3 Triliun, Telkom Bersuara

Telkomsel Suntik Gojek Rp 4,3 Triliun, Telkom Bersuara

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 11 Mei 2021 14:04 WIB
Telkomsel kembali menggelontorkan pendanaan ke kantong Gojek dengan jumlah besar. Secara total operator seluler ini menanam investasi sebanyak USD 450 juta atau setara Rp 6,3 triliun ke Gojek.
Foto: Telkomsel
Jakarta -

Telkomsel baru saja menanam investasi terbaru ke Gojek sebesar USD 300 juta atau senilai Rp 4,3 triliun. Bagaimana tanggapan dari Telkom sebagai induk perusahaan?

Sebagai pemegang saham terbesar Telkomsel, Vice President Corporate Communication Telkom Pujo Pramono mengungkapkan bahwa pihaknya menyambut baik dan mendukung kolaborasi antara Gojek dan Telkomsel tersebut.

"Kami optimis kolaborasi ini akan memberikan nilai tambah bagi keunggulan kompetitif Telkomsel dalam mengembangkan bisnis layanan digital terdepan, sejalan dengan roadmap (peta jalan) transformasi yang tengah dijalankan Telkomsel," ujar Pujo kepada detikINET, Selasa (11/5/2021).

Telkom melihat kucuran dana segar yang digelontorkan Telkomsel ke kantong Gojek dinilai keduanya dapat memanfaatkan teknologi terdepan dan jangkauan terluas dari aset masing-masing.

Sehingga, kata Pujo, dapat mendukung visi Indonesia menjadi salah satu dari 10 negara dengan perekonomian terbesar pada tahun 2030, sekaligus memajukan Indonesia sebagai bangsa digital.

"Diharapkan langkah strategis ini juga dapat menjadi katalis bagi seluruh entitas BUMN lainnya untuk turut serta mendorong perkembangan industri startup, khususnya penguatan ekosistem digital di Indonesia," pungkasnya.

Seperti diketahui, pendanaan Telkomsel kepada Gojek ini bukan pertama kalinya. Secara total, operator seluler ini menanam investasi sebanyak USD 450 juta atau setara Rp 6,3 triliun ke Gojek (kurs USD 1 = Rp 14.145).

Pendanaan pertama Telkomsel ke Gojek, yaitu pada November 2020 lalu, dengan mengguyur USD 150 juta. Kini investasi tersebut bertambah sebanyak USD 300 juta.

Telkomsel maupun Gojek menyebutkan makna dari investasi ini sebagai momentum memperkuat dan memperdalam kolaborasi dalam menghadirkan layanan digital komprehensif, serta melahirkan lebih banyak solusi inovatif.

Dengan tambahan investasi ini, Telkomsel dan Gojek pun akan membuka lebih banyak peluang sinergi, serta integrasi layanan digital untuk memberikan nilai tambah yang lebih besar kepada pelanggan, masyarakat, dan seluruh mitra yang berada di ekosistem bisnis kedua perusahaan.



Simak Video "Gojek Dapat Suntikan Rp 4,3 T dari Telkomsel, Bakal Dipakai Buat Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)