Kabel Laut Telkom Putus, Internet di Jayapura Lumpuh

Kabel Laut Telkom Putus, Internet di Jayapura Lumpuh

Tim - detikInet
Sabtu, 01 Mei 2021 12:01 WIB
Perawatan kabel Telekomunikasi --- Pekerja melakukan perawatan kabel telekomunikasi di kawasan Pasar Blok A di Jalan Fatmawati, Jakarta, Senin (7/12/2015). (Ari Saputra/detikcom)
Kabel Laut Telkom Putus, Internet di Jayapura Lumpuh Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Kabel laut milik Telkom Jayapura putus pada titik 360 km. Akibatnya jaringan internet seluler tidak bisa digunakan sejak Jumat malam (30/4).

Kepala Telkom Jayapura Sugeng melalui pesan singkat kepada ANTARA mengatakan lokasi putusnya kabel laut tersebut berada di wilayah Jayapura antara Sarmi dan Biak.

"Estimasi perbaikan sekitar satu bulan," seperti dikutip detikINET dari ANTARA, Sabtu (1/5/2021).

Sugeng mengatakan, proses perbaikan kabel laut yang putus ini membutuhkan waktu yang agak lama karena harus menunggu kapal khusus. Saat ini warga setempat hanya bisa berkomunikasi menggunakan SMS dan telepon saja.

Sementara itu, Sugeng mengatakan penyebab putusnya kabel laut di titik 360 km itu masih belum diketahui hingga saat ini.

Berdasarkan pantauan ANTARA di lapangan, komunikasi menggunakan telepon dan pesan singkat baru bisa dilakukan pada Sabtu pagi ini. Sedangkan untuk internet sudah lumpuh sejak Jumat malam (30/4).



Simak Video "Alat-alat Telkom di Jambi Dicuri Security-Karyawannya Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)