Makin Ngebut! Huawei Akan Luncurkan 6G Tahun 2030

Makin Ngebut! Huawei Akan Luncurkan 6G Tahun 2030

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 16 Apr 2021 20:47 WIB
Journalists follow the presentation of Huaweis smartphone, the Mate S, ahead of the IFA Electronics show in Berlin, Germany, in this file picture taken September 2, 2015. REUTERS/Hannibal Hanschke/File Photo
Makin Ngebut! Huawei Akan Luncurkan 6G Tahun 2030 Foto: Reuters/Hannibal Hanschke
Jakarta -

Huawei berencana meluncurkan jaringan 6G pada tahun 2030. Jaringan generasi keenam ini diklaim akan 50 kali lebih cepat ketimbang 5G.

Hal ini diumumkan oleh Rotating Chairman Huawei Xu Zhijun saat berbicara di event Huawei Global Analyst Conference beberapa waktu yang lalu.

Selain lewat ponselnya, Huawei juga dikenal sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di dunia. Tidak mengherankan jika mereka telah memulai riset dan pengembangan 6G saat penetrasi 5G saja belum merata di seluruh dunia.

Dikutip dari CGTN, Jumat (16/4/2021) Xu mengatakan Huawei akan menerbitkan white paper 6G dalam waktu dekat untuk memberikan informasi yang dibutuhkan kepada pemain dan regulator industri dalam waktu dekat. Jaringannya sendiri akan mulai dikenalkan secara publik sekitar tahun 2030.

Sebelumnya, Wakil Dekan School of Information Tsinghua University Cui Baoguo memprediksi jaringan 6G bisa mencapai kecepatan hingga 1.000 Gbps. Angka ini 50 kali lebih cepat ketimbang 5G dan delay-nya hanya satu persepuluh dari 5G.

Selain dari kecepatan, 6G juga lebih superior ketimbang 5G dari segi peak rate, delay, kepadatan traffic, kepadatan koneksi, mobilitas, efisiensi spektrum, dan kemampuan positioning.

Tidak hanya itu, jaringan 6G juga diperkirakan akan membuat dunia lebih terhubung karena jaringan di Bumi dan satelit komunikasi akan terintegrasi. Jika Huawei berhasil mewujudkan ambisinya di tahun 2030, dampaknya untuk industri lain seperti kesehatan dan otomotif juga akan signifikan.



Simak Video "India Mulai Kembangkan Teknologi 6G"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)