4G Akan Diperluas ke Seluruh Indonesia Tahun 2022 untuk Bantu Pariwisata

4G Akan Diperluas ke Seluruh Indonesia Tahun 2022 untuk Bantu Pariwisata

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 18 Jan 2021 14:45 WIB
Kominfo Siap Luaskan Coverage 4G di Seluruh Wilayah 2022
Kominfo dukung Kemenparekraf untuk bangun jaringan yang memadai di seluruh Indonesia (Foto: Youtube/Kominfo)
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk membangun jaringan yang memadai di seluruh Indonesia. Dalam upaya mengakhiri dan memutus rantai COVID-19, menurut Menkominfo Johnny G Plate harus ada usaha pemulihan ekonomi terlebih dahulu.

Dalam konferensi pers, Senin (18/1/2021) di kanal YouTube Kominfo, Johnny menyebutkan peranan Kominfo dalam membantu adalah dengan pembangunan infrastruktur TIK untuk wilayah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar) dan mengajak operasi seluler untuk melaksanakan secara simultan pembangunan infrastuktur TIK.

"Khususnya base station, base transportation di wilayah-wilayah komersial. Sehingga 2022 nanti jaringan telekomunikasi akan tersedianya sinyal di seluruh wilayah administratif pemerintah dan pemukiman penduduk itu bisa terlaksana. 2G, 3G, dan secara khusus 4G. Di saat yang bersamaan, kami berdiskusi tentang bagaimana untuk pertukaran data di bawah payung hukum dan undang-undang untuk saling mendukung khususnya mendukung aktivitas dan kegiatan kepariwisataan," ucap Johnny.

Kominfo di sisi untuk membantu kesiapan men-coverage sinyal 4G yang memadai, baik kecepatannya maupun kualitas sinyal. Sementara untuk sektor-sektor lainnya, dalam rangka untuk menunjang pariwisata, UMKM dan ultra mikro, Kominfo aktif dalam melakukan pelatihan digital untuk mendukung perspektif dan roadmap Indonesia menuju bangsa digital.

Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan dalam kesempatan yang sama bahwa kedua belah pihak melakukan koordinasi kolaborasi secara langsung karena sadar keduanya saling terkait.

"Pariwisata dan ekonomi kreatif menghidupi 34 juta orang dan paling terdampak pandemi COVID-19. Bukan cuma TIK tapi sesuai arahan Bapak Presiden, ini untuk memastikan destinasi super prioritas. TIK itu sudah kebutuhan, karena begitu mendarat kita akan menyalakan ponsel dan tergantung dengan coverage sinyal," kata Sandiaga.

"Komitmen dari Menkominfo mendorong ekonomi kreatif. Mudah-mudahan dengan kolaborasi ini bisa kami pulihkan dan bangkitkan ekonomi kreatif," harapnya.



Simak Video "Pemerintah Targetkan Sinyal 4G di 12.548 Desa Rampung Tahun 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)