3 Operator Seluler Berjuang Perbaiki Jaringan Pasca Gempa Majene

3 Operator Seluler Berjuang Perbaiki Jaringan Pasca Gempa Majene

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 15 Jan 2021 16:09 WIB
Residents inspect earthquake-damaged buildings in Mamuju, West Sulawesi, Indonesia, Friday, Jan. 15, 2021. A strong inland and shallow earthquake hit eastern Indonesia early Friday causing people to panic in parts of the countrys Sulawesi island and run to higher ground. (AP Photo/Rudy Akdyaksyah)
Foto: pool
Jakarta -

Para operator seluler mengungkapkan kondisi terkini layanan telekomunikasi di Majene, Sulawesi Barat, pasca gempa meluluhlantahkan wilayah tersebut.

Berikut ini adalah langkah mitigasi dari 3 operator seluler yang dihimpun detikINET:

1. Telkomsel

General Manager Network Operation and Quality Management Sulawesi Telkomsel Muhammad Idham Kadir mengungkapkan perbaikan layanan Telkomsel di Provinsi Sulawesi Barat, terutama di Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju. Saat ini masyarakat di Kabupaten Majene tetap dapat menikmati layanan Telkomsel, baik layanan data, voice, maupun SMS secara normal.

Sedangkan untuk di Kabupaten Mamuju, layanan telekomunikasi Telkomsel masih berjalan. Namun, ada penurunan kualitas layanan di sejumlah titik sebagai dampak terputusnya catuan daya listrik yang mendukung operasional BTS Telkomsel di wilayah tersebut.

Telkomsel saat ini telah mengambil langkah cepat untuk pemulihan layanan yang salah satunya dengan mobilisasi Mobile Backup Power (MBP)/genset ke lokasi BTS yang membutuhkan pendukung catuan daya listrik.

"Telkomsel memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh masyarakat atas dampak penurunan layanan yang terjadi, khususnya di sejumlah titik di wilayah Kabupaten Majene. Kami akan terus mempercepat upaya pemulihan layanan dan menginfokan perkembangannya," ujar Idham, Jumat (15/1/2021).

2. XL Axiata

Sedangkan, XL Axiata memastikan jaringannya masih dapat beroperasi dan digunakan masyarakat. Disampaikan Group Head Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih, hanya ada beberapa titik yang terdampak karena adanya pemadaman listrik dari PLN di area tersebut yaitu 18 BTS di Kabupaten Majene, 12 BTS di Kabupaten Mamuju Utara dan 39 BTS di Kabupaten Mamuju.

Saat ini tim teknis XL Axiata telah berada di lapangan guna mengantisipasinya dengan menggunakan genset dan mengecek semua infrastruktur jaringan yang ada di sana. Selain itu, tim dari pusat monitoring telah melakukan rekayasa jaringan agar layanan untuk pelanggan tetap bisa terjaga.

"Apalagi, di saat bencana seperti ini, layanan telekomunikasi dan data sangat dibutuhkan, baik oleh warga korban, juga aparat penanggulangan bencana. Secara keseluruhan masyarakat di Provinsi Sulawesi Barat, termasuk di sekitar lokasi bencana dilayani oleh sekitar 315 BTS XL Axiata," kata perempuan yang disapa Ayu ini.

3. Indosat Ooredoo

Kemudian Indosat Ooredoo melaporkan sebagian jaringan miliknya di sekitar wilayah Tapalang-Majene terkena dampak gempa bumi yang terjadi pagi hari ini.

Seperti Telkomsel dan XL Axiata, tim teknis Indosat Ooredo saat ini sedang berupaya untuk mengembalikan jaringan untuk beroperasi secara normal sesegera mungkin.

"Terkait dengan kondisi masyarakat terdampak, saat ini kami terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk dapat segera memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan di lapangan," pungkas Adrian Prasanto selaku VP Head of Strategic Communications Management Indosat Ooredoo.



Simak Video "Indosat Luncurkan 5G di Solo, Gibran: Semua untuk Masyarakat"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)