XL Perkuat Sinyal di Lokasi Jatuhnya Sriwijaya Air SJ182

XL Perkuat Sinyal di Lokasi Jatuhnya Sriwijaya Air SJ182

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 14 Jan 2021 17:45 WIB
XL Axiata memperkuat jaringan di perairan Kepulauan Seribu, untuk memastikan kualitas jaringan untuk memenuhi kebutuhan tim evakuasi terkait jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182.
Foto: XL Axiata
Jakarta -

Selain Telkomsel, XL Axiata juga turut memperkuat jaringan di perairan Kepulauan Seribu. Langkah tersebut untuk memastikan kualitas jaringan untuk memenuhi kebutuhan tim evakuasi terkait jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182.

Dalam penyediaan jaringan telekomunikasi ini, XL berkoordinasi dengan pihak Basarnas, Bakamla serta pihak-pihak terkait. Operator seluler ini telah mengerahkan tim di lapangan untuk memperkuat jaringan di sejumlah titik, termasuk sinyal bisa dijangkau di perairan lokasi evakuasi.

Chief of Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O Baasir mengatakan, sebagai bentuk dukungan kepada semua pihak yang terus bekerja melakukan evakuasi, XL juga memastikan kualitas jaringan di lokasi agar bisa dimanfaatkan secara maksimal selama proses evakuasi tersebut.

"Selain itu, kami juga memfasilitasi sarana komunikasi lainnya seperti telepon umum gratis, juga starter pack bagi yang membutuhkan," ujar Marwan seperti dalam siaran persnya, Kamis (14/1/2021).

Marwan menambahkan, penguatan jaringan perlu dilakukan selain sebagai langkah antisipatif juga karena adanya peningkatan trafik yang cukup signifikan di beberapa titik lokasi yang menjadi pusat koordinasi tim evakuasi.

Sebagai contoh peningkatan trafik tercatat di BTS XL yang berada di Pulau Lancang Besar, di mana sejak Sabtu (9/1) naik sebesar 20% dan peningkatan pengguna layanan seluler sebesar 55%. Tidak menutup kemungkinan trafik dan pengguna layanan XL akan terus meningkat selama proses evakuasi masih berlangsung.

Sejak dimulainya proses evakuasi oleh tim terkait, XL langsung menerjunkan tim untuk melakukan perkuatan dan penambahan kapasitas jaringan di setiap BTS khususnya yang mencakup lokasi-lokasi pusat koordinasi seperti di Posko Basarnas Jakarta International Container Terminal (JICT) 2 Pelabuhan Tanjung Priok.

Kemudian Posko Crisis Center di Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Supadio Pontianak, RS Polri Kramat Jati, serta pos-pos koordinasi yang ada di Tanjung Pasir, Tanjung Kait, Pulau Lancang, Pulau Laki, dan pulau-pulau lain di sekitar titik jatuhnya pesawat.

Selain memastikan kualitas jaringan, XL mendirikan fasilitas Telpon Umum Gratis (TUG) di Posko Basarnas di JICT 2, Tanjung Priok yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh tim, baik tim utama evakuasi, keluarga korban dan juga termasuk awak media yang bertugas di lokasi.

Tak hanya itu, XL juga memberikan kartu perdana gratis berisi kuota internet dan telpon untuk dapat dipergunakan oleh tim evakuasi sehingga dapat mempermudah mereka berkomunikasi dan berkoordinasi selama menjalani tugas sosial kemanusiaan ini.



Simak Video "Ini Prosedur Pengambilan Jenazah Korban Sriwijaya Air SJ182 di RS Polri"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)