Lepas Bisnis Satelit, Indosat Dekati Balon Internet Google Lagi?

Lepas Bisnis Satelit, Indosat Dekati Balon Internet Google Lagi?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 12 Jan 2021 17:30 WIB
Balon Internet Google Project Loon
Foto: detikINET/Ardhi Suryadhi
Jakarta -

Indosat Ooredoo berkomitmen untuk terus menghadirkan jaringannya sampai seluruh Indonesia. Untuk mengakselerasinya, apakah Indosat menggaet balon internet Google atau Project Loon?

"Kami berkomitmen bahwa kami menunjang interkoneksi di seluruh pelosok Indonesia," kata Chief Legal & Regulatory Officer Indosat Ooredoo Natasha Nababan secara virtual, Selasa (12/1/2021).

Hanya saja, kata Natasha, diskusi yang dilakukan Indosat Ooredoo dalam memanfaatkan teknologi Google tersebut masih sebatas tahap awal.

"Saat ini komunikasi, diskusi dengan pihak Google itu masih dalam tahap awal. Namun di sini kami semangat, karena upaya awal kami ini didorong dan sejalan dengan wacana Menkominfo yang ingin mendorong, mencapai ke daerah-daerah pelosok," tutur Natasha.

Sebagai informasi, ini bukan pertama kali Indosat dan Google kembali melakukan pendekatan untuk menggunakan balon internet besutannya itu.

Sebelumnya, pada 2015 lalu, tiga operator besar Indonesia, yaitu Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat Ooredoo melakukan kesepakatan dalam kerja sama uji teknis menyebarkan akses internet di Indonesia dengan menggunakan Project Loon.

Hanya saja, internet 4G ala balon internet Google tersebut sampai saat ini belum terlihat terbang di atas wilayah Indonesia.

Project Loon yang ibarat 'BTS terbang' ini dapat mengangkasa di ketinggian 60 ribu kaki, kemudian memancarkan sinyal 4G dengan jangkauan sekitar 30 ribu mil persegi.

Seiring berjalannya waktu, kini proyek balon internet tersebut dipegang oleh Loon, anak perusahaan induk Google, yaitu Alphabet. Loon telah mengomersilkan Project Loon di Kenya untuk memancarkan sinyal 4G di sana.



Simak Video "Tanggapan Telkomsel, Indosat, XL soal Pulsa Dikenai Pajak"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)