Kuota Belajar Kemendikbud yang Terakhir, Sudah Terima?

Kuota Belajar Kemendikbud yang Terakhir, Sudah Terima?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 24 Nov 2020 16:02 WIB
Siswa siswi menggunakan fasilitas WiFi gratis saat mengikuti kegiatan pembelajaran jarak jauh di balai warga RW 05 Kelurahan Kuningan Barat, Mampang Prapatan, Jakarta, Jumat (27/8/2020). WiFi gratis ini disediakan oleh swadaya warga RW 05 guna membantu anak-anak yang melakukan pembelajaran jarak jauh yang terkendala dengan kuota internet.
Ilustrasi belajar online (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Bantuan kuota belajar Kemendikbud yang terakhir sudah disalurkan. Berbeda dengan sebelumnya, penyaluran bantuan kuota internet gratis ini digabung antara bulan November dan Desember.

Bantuan Kuota belajar Kemendikbud bulan ketiga dan keempat telah dikirim yang dibagi ke dalam dua tahap. Tahap I pada tanggal 22 sampai 24 November 2020 dan tahap II pada tanggal 28 sampai 30 November 2020.

Jika sebelumnya, kuota internet gratis pemerintah hanya berlaku 30 hari. Maka penyaluran paket internet pada kali ini lebih panjang yang berlaku sampai 75 hari.

Untuk diketahui, bantuan kuota belajar Kemendikbud ini merupakan yang terakhir diberikan pemerintah kepada penerima manfaat untuk mendukung proses pembelajaran jarak jauh akibat pandemi COVID-19.

Pemerintah telah menetapkan untuk mengirimkan bantuan berupa paket data bagi Pendidikan Anak Usia Dini, siswa, guru, mahasiswa, dan dosen yang aktivitas belajarnya terganggu karena merebaknya virus Corona. Bantuan ini berlangsung empat bulan, mulai dari September sampai Desember 2020.

Kuota internet yang dibagikan ini terdiri atas kuota umum dan kuota belajar. Kuota umum ini untuk kebutuhan mengakses seluruh laman dan aplikasi, sedangkan kuota belajar adalah kuota yang dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran.

kuota belajar gratisKuota belajar Kemendikbud. Foto: Istimewa/Screenshot detikinet

Besaran kuota belajar Kemendikbud untuk PAUD 20 GB per bulan, di mana bila dirinci 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 15 GB. Untuk pelajar dari jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan kuota internet gratis 35 GB per bulan dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 30 GB.

Sementara untuk kuota internet gratis bagi pendidik PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah akan memperoleh 42 GB per bulannya. Secara detail, 5 GB kuota umum dan 37 GB kuota belajar.

Sedangkan, kuota internet gratis mahasiswa dan dosen sama-sama mendapatkan 50 GB per bulan yang mana rinciannya 5 GB untuk umum dan 45 GB kuota belajar.



Simak Video "Akses Gratis Aplikasi-Website Bantuan Kuota Belajar dari Pemerintah"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)