Cara Dapat Kuota Gratis Madrasah 30 GB

Cara Dapat Kuota Gratis Madrasah 30 GB

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 16 Sep 2020 16:30 WIB
Telkomsel menjamin kenyamanan pelanggan dalam melakukan aktivitas pembelajaran jarak jauh atau belajar online dengan kualitas jaringan broadband yang dimilikinya.
Ilustrasi siswa madrasah belajar online (Istimewa)
Jakarta -

Untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran jarak Jauh (PJJ) di tengah pandemi COVID-19, para pelajar madrasah bisa mendapatkan kuota gratis sebesar 30 GB. Ini cara mendapatkan kuota gratis tersebut.

XL Axiata bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) menghadirkan "Madrasah Digital Belajar Jarak Jauh", sebuah program bantuan sarana akses internet bagi para pelajar madrasah untuk mengikuti belajar online.

Umar selaku Direktur Kurikulum, Sarana Prasarana, Kesiswaan dan Kelembagaan (KSKK) Madrasah Kemenag mengatakan bantuan kuota gratis ini diharapkan bisa menjangkau lebih dari 74 ribu madrasah dengan 9,5 juta pelajar, baik madrasah negeri maupun swasta di seluruh Indonesia.

Sebelumnya bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), kini XL berkolaborasi bersama Kemenag untuk mendukung penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Corona ini.

"Apalagi di masa pandemi ini, dunia pendidikan khususnya guru dan siswa sangat membutuhkan sarana akses internet untuk melakukan PJJ. Sebagai operator seluler dan penyedia layanan internet, kami tentu tidak bisa tinggal diam," ujar Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto dalam keterangan tertulisnya, Rabu (16/9/2020).

Cara mendapatkan kuota gratis XL

Menurut Feby, melalui kerja sama ini, XL akan menyalurkan bantuan berupa kartu SIM gratis kepada para pelajar madrasah. Masing-masing kartu SIM sudah terisi kuota 30 GB yang bisa dimanfaatkan selama dua bulan. Adapun mekanisme penyaluran bantuan kuota gratis ini akan dilakukan dengan cara pendistribusian kartu SIM kepada madrasah di seluruh Indonesia.

Pihak madrasah nantinya akan mengatur distribusi kepada siswanya masing-masing untuk mendapatkan kuota gratis ini. Untuk itu para siswa madrasah bisa berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk proses pembagian kuota gratis ini.

XL Axiata bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) menghadirkan XL Axiata bekerjasama dengan Ditjen Pendidikan Islam Kemenag menghadirkan "Madrasah Digital Belajar Jarak Jauh", sebuah program bantuan belajar online bagi para pelajar madrasah. Foto: XL Axiata

XL menyebutkan kuota gratis 30 GB itu bisa untuk akses aplikasi-aplikasi yang biasa digunakan oleh guru untuk mengirimkan bahan pelajaran atau tugas selama PJJ, yaitu Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, serta Google Classroom.

Selain itu, dengan kuota gratis tersebut bisa dipakai para pelajar madrasah untuk mengakses bahan pendukung pelajaran yang ada di aplikasi e-learning madrasah, aplikasi Udemy, Ruang Guru, Zenius, dan Sekolahmu.

Paket ini juga bisa untuk mendapatkan materi belajar di elearning.kemenag.go.id/madrasahberbagi, Rumah Belajar Kemendikbud yang ada di belajar.kemendikbud.go.id dan Spada Indonesia Kemendikbud di spada.kemdikbud.go.id atau lmsspada.kemdikbud.go.id/.

Untuk mendukung program bantuan akses internet bagi dunia pendidikan Indonesia ini, XL telah menyiapkan jaringan internet 4G di seluruh wilayah layanan. Langkah-langkah memastikan penyediaan jaringan data berkualitas sebagai upaya untuk mendukung dan melayani pelanggan agar tetap produktif selama pandemi meskipun harus bekerja dan bersekolah dari rumah.

Jaringan telekomunikasi dan data XL saat ini didukung oleh total lebih dari 139.000 BTS, termasuk lebih dari 49.000 BTS 4G. Layanan 4G kini telah tersedia di 456 kota/kabupaten dan akan terus bertambah seiring dengan pembangunan jaringan yang masih berlanjut. Di saat yang bersamaan pula, XL juga terus melanjutkan program fiberisasi pada jaringan data guna memaksimalkan kualitas layanan data dan internet.



Simak Video "Keluh Kesah Kepsek dan Wali Murid soal Susahnya Kuota untuk PBJJ"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)