Eks Menteri Darmin Nasution Sah Jadi Komut Smartfren

Eks Menteri Darmin Nasution Sah Jadi Komut Smartfren

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 14 Agu 2020 14:04 WIB
Darmin Nasution
Foto: Dok. Kemenko Perekonomian
Jakarta -

Operator seluler Smartfren merobak jajaran Komisaris. Melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahun (RUPST) eks Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution resmi ditunjuk menjadi Komisaris Utama atau Presiden Komisaris Smartfren.

"Dari RUPST tadi saya sampaikan ada perubahan pengurus perusahaan, yaitu mulai hari ini dan seterusnya akan mendapatkan support yang luar biasa dengan hadirnya Presiden Komisaris perseroan yang baru, bapak Darmin Nasution," ujar Direktur Utama Smartfren Merza Fachys dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (14/8/2020).

Dengan segala pengalaman Darmin, lanjut Merza, Smartfren mengharapkan hal itu bisa turut mengembangkan perseroan ke depan.

"Kemudian bapak Gandi Sulistiyanto presiden komisaris kita sebelumnya, selanjutnya akan terus bersama kita menjadi wakil presiden komisaris. Dengan demikian, kita yakini dengan tim yang lebih kuat mulai hari ini dan seterusnya, kita akan membawa Smartfren jauh lebih berkembang lagi," tuturnya.

Dalam RUPST Smartfren melaporkan kinerja perusahaan selama tahun 2019, di mana ada kenaikan jumlah pelanggan sebesar 91% dari 12,3 juta pelanggan pada 2018 menjadi 23,5 juta pelanggan pada 2019.

Kenaikan juga terlihat dari angka Base Transceiver Station (BTS) Smartfren yang tadinya berjumlah 19 ribu unit BTS menjadi 31,1 ribu unit BTS pada tahun 2019.

Smartfren juga mengungkapkan adanya pertumbuhan pendapatan pada 2019, di mana pada tahun 2018 Rp 5,490 miliar menjadi Rp 6,988 miliar pada tahun 2019 atau ada kenaikan 27%. Kinerja positif juga terlihat dari EBITDA dari yang tumbuh 42%.

Kendati ada pertumbuhan pendapatan dan EBITDa, soal Average Revenue Per User (ARPU) Smartfren justru menurun 25%.

Berikut usulan putusan RUPST Smartfren:

Presiden Komisaris : Darmin Nasution
Wakil Komisaris : Gandi Sulistiyanto Soeherman
Komisaris Independen : Sarwono Kusumaatmadja
Komisaris Independen : Reynold Manahan Batubara



Simak Video "Menkominfo: Operator Seluler Jadi Garda Depan Pencegahan Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)