Telkom Ungkap Penyebab IndiHome Down Tadi Pagi

Telkom Ungkap Penyebab IndiHome Down Tadi Pagi

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 13 Agu 2020 19:37 WIB
Indihome
Telkom Ungkap Penyebab IndiHome Down Tadi Pagi. Foto: Istimewa
Jakarta -

Telkom mengungkapkan penyebab IndiHome down mengalami gangguan di berbagai wilayah Indonesia tadi pagi, Kamis (13/8/2020).

Akibat IndiHome down tersebut, para pelanggan mengalami kesulitan saat mengakses internet, baik untuk bekerja dari rumah atau belajar online.

Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo mengungkapkan gangguan massal yang mengakibatkan penurunan kualitas layanan IndiHome pagi ini sekitar pukul 10:20 WIB di berbagai wilayah Indonesia disebabkan adanya salah satu Domain Name Server (DNS) yang tidak berfungsi normal. DNS merupakan server yang mentranslasikan IP Address suatu host.

"Hal ini menyebabkan terputusnya trafik internet yang pada umumnya terjadi selama 5-10 menit. Di berbagai lokasi seperti Bekasi, Slipi dan Bandung membutuhkan waktu recovery lebih lama hingga maksimal 25 menit. Pada pukul 10.45 WIB (13/08), trafik dan seluruh layanan IndiHome sudah pulih kembali," tutur Arif dalam keterangan tertulisnya.

Terjadinya gangguan IndiHome down ini, seperti disampaikan Arif, Telkom menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggannya dan berjanji untuk meningkatkan kualitas layanan di masa mendatang.

"Mewakili manajemen, sekali lagi kami memohon maaf kepada pelanggan yang terdampak dan merasakan ketidaknyamanan terhadap layanan IndiHome. Kami terus berupaya meningkatkan kehandalan kualitas IndiHome ke depan," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, beberapa pengguna Indihome mengeluhkan jaringan yang sedang bermasalah dan tidak bisa diakses. Ada yang menyebutkan gangguan terjadi pada sekitar pukul 10.00 WIB. Mereka pun ramai-ramai mengeluh di Twitter dan membawa Indihome sempat memuncaki trending topic Twitter di Indonesia.

Dampak dari IndiHome down sebagian besar para pengguna itu mengeluh karena mereka tidak bisa menyelesaikan pekerjaan atau mengikuti proses belajar online karena jaringan yang tiba-tiba mati. Kini, pihak Telkom menyatakan layanannya sudah normal kembali.



Simak Video "IndiHome Gangguan, Telkom Masih Cari Penyebabnya"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)