Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat Tegaskan Tidak Ada PHK

Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat Tegaskan Tidak Ada PHK

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 02 Jul 2020 14:59 WIB
Ilustrasi PHK
Foto: Ilustrasi PHK (Tim Infografis: Zaki Alfarabi)
Jakarta -

Tiga operator seluler besar Indonesia, yaitu Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat Ooredoo memastikan tidak akan ada Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), meski di saat yang bersamaan diterjang pandemi COVID-19.

Seperti diketahui, merebaknya virus Corona yang terjadi saat ini membuat sejumlah perusahaan harus memutar otak agar bisa terus beroperasi dan tak sedikit yang melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), agar perusahaan tetap hidup.

Terkait banjir PHK di tengah pandemi ini, tiga operator seluler raksasa Tanah Air menegaskan tidak akan ada PHK, minimal sampai akhir tahun 2020.

Pernyataan tersebut diungkapkan saat berlangsungnya Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi I DPR RI dan operator seluler pada hari ini, Kamis (2/7/2020).

"Insya Allah kalau Telkomsel sampai saat ini masih sehat dan kami bisa menjamin sampai akhir 2020, bahkan saya boleh menjamin sampai akhir 2021 tidak akan ada layoff," tegas Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro

Nada yang sama juga disampaikan Indosat Ooredoo. Pada tahun lalu, operator seluler yang identik warna kuning dan merah ini telah memberhentikan sejumlah para pegawainya, tetapi hal itu dipastikan tidak terjadi pada tahun ini. Indosat Ooredoo mengungkapkan tidak ada rencana melakukan PHK terkait dengan COVID-19 sejak hari ini sampai akhir tahun.

"Terkait posisi PHK (masa pandemi COVID-19- red) sampai akhir tahun. Kami di Indosat, bukan kebetulan, karena secara desain sudah kami lakukan sebetulnya tahun lalu, sehingga sampai akhir tahun ini tidak ada program melakukan hal itu," kata Director & Chief Strategy and Innovation Officer Indosat Ooredoo Arief Musta'in.

Sama seperti Telkomsel dan Indosat Ooredoo, XL Axiata juga memastikan tidak akan ada pengurangan karyawannya sampai akhir tahun 2020.

Mengenai pertanyaan bagaimana kondisi perusahaan saat ini. Boleh dikatakan bahwa sekarang perusahaan XL dalam kondisi sehat, lumayan strong. Jadi, kalau ditanya kami akan lakukan PHK? Kami tidak akan lakukan PHK, kalau memang alasannya kondisi ekonomi," tegas Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini.



Simak Video "Menkominfo: Operator Seluler Jadi Garda Depan Pencegahan Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)