Telkomsel Hadirkan Layanan VoLTE, Ini Cara Mengaktifkannya

Telkomsel Hadirkan Layanan VoLTE, Ini Cara Mengaktifkannya

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 01 Jun 2020 14:38 WIB
Telkomsel menghadirkan layanan Voice over Long Term Evolution (VoLTE) yang memungkinkan pelanggan menikmati telepon berbasis 4G LTE dengan jaminan tidak akan putus.
Telkomsel Hadirkan Layanan VoLTE, Ini Cara Mengaktifkannya. Foto: Telkomsel
Jakarta -

Telkomsel menghadirkan layanan Voice over Long Term Evolution (VoLTE) yang memungkinkan pelanggan menikmati telepon berbasis 4G LTE dengan jaminan tidak akan putus.

Layanan VoLTE Telkomsel ini sendiri baru tahap soft launch, di mana bisa dimanfaatkan lebih dari 114 ribu pelanggan yang berada di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Surabaya. Sementara kota lainnya, dijanjikan menyusul secara bertahap.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan, kehadiran layanan VoLTE ini jadi cara Telkomsel dalam mendukung produktivitas pelanggan di kegiatan sehari-hari mereka.

"Prinsip produk dan layanan yang customer-centric menjadi dasar bagi Telkomsel untuk menghadirkan layanan VoLTE bagi pelanggan yang menginginkan kemudahan lebih dalam berkomunikasi," ujarnya seperti dikutip dari siaran persnya, Senin (1/6/2020).

Dipaparkan Setyanto, ada tiga manfaat dari layanan VoLTE ini. Pertama, pelanggan akan mendapatkan pengalaman menelepon dengan suara lebih jernih kualitas HD berbasis jaringan 4G LTE terdepan dari Telkomsel. Kedua, layanan VoLTE juga menyambungkan dua penggunanya lebih cepat daripada menggunakan layanan panggilan telepon biasa dan voice over Internet Protocol (VOIP).

Kemudian yang ketiga, melalui layanan VoLTE pelanggan dapat bebas berselancar mengakses layanan internet, streaming video, bermain games, saat tersambung telepon suara.

Telkomsel menghadirkan layanan Voice over Long Term Evolution (VoLTE) yang memungkinkan pelanggan menikmati telepon berbasis 4G LTE dengan jaminan tidak akan putus.Telkomsel menghadirkan layanan Voice over Long Term Evolution (VoLTE) yang memungkinkan pelanggan menikmati telepon berbasis 4G LTE dengan jaminan tidak akan putus. Foto: Telkomsel

Dari sisi infrastruktur jaringannya, operator seluler ini telah membangun lebih dari 10 ribu Base Transceiver Station (BTS) VoLTE di seluruh wilayah Jadetabek dan Surabaya. Hal itu yang menjamin pengalaman jaringan berkualitas dan merasakan pengalaman menggunakan layanan telepon premium yang berbasis jaringan 4G LTE.

Cara Mengaktifkan Layanan VoLTE Telkomsel

Cara mengaktifkan layanan VoLTE Telkomsel terbilang mudah, yaitu pelanggan memastikan kartu SIM-nya sudah mendukung jaringan 4G Telkomsel, pelanggan berada di wilayah yang mendapatkan jangkauan VoLTE (saat ini wilayah Jadetabek dan Surabaya), lalu memastikan perangkatnya sudah mendukung layanan VoLTE dengan sistem operasi perangkat yang terbaru (ter-update).

Untuk tahap soft launch ini merek perangkat smartphone yang mendukung jaringan VoLTE Telkomsel adalah Samsung, Huawei, Vivo dan menyusul merek perangkat lainnya. Setelah memastikan semua langkah tersebut, selanjutnya adalah mengatur layanan VoLTE di menu pengaturan perangkat.

Kemudian pelanggan akan melihat logo/ tanda VoLTE pada status sinyal bar sebagai tanda bahwa pelanggan sudah dapat menikmati layanan VoLTE Telkomsel.

Untuk menikmati layanan VoLTE, pelanggan perlu mengaktifkan fitur VoLTE di ponsel yang mendukung layanan ini. Telkomsel pun telah menghadirkan paket khusus Takmania VoLTE, dengan tambahan kuota menit telepon VoLTE pada paket Talkmania bulanan yang dapat diaktifkan oleh pelanggan di Jakarta dan Surabaya melalui aplikasi MyTelkomsel.

"Kami pun berharap menjadikan layanan VoLTE sebagai solusi bagi pelanggan untuk tetap produktif dalam memusatkan berbagai aktivitasnya di rumah dalam memperkuat inisiatif gerakan #DiRumahTerusMaju selama pandemi COVID-19 di Indonesia," tutup Setyanto.



Simak Video "Berkah Ulang Tahun! Telkom Akhirnya Buka Blokir Netflix"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/jsn)