Menkominfo Minta Operator Telkomunikasi Perkuat Jaringan demi WFH Lancar

Menkominfo Minta Operator Telkomunikasi Perkuat Jaringan demi WFH Lancar

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 26 Mar 2020 17:51 WIB
Menkominfo Johnny G Plate
Menkominfo Johnny G Plate. (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Kualitas jaringan internet menjadi kunci kelancaran kerja dari rumah atau work from home (WFH). Karenanya Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate meminta operator telekomunikasi memperkuat jaringan mereka

"Operator telekomunikasi agar dapat menyediakan layanan komunikasi dan internet dengan kapasitas dan kualitas layanan yang baik selama masa darurat COVID-19," kata Johnny saat mengumumkan aplikasi TraceTogether, Kamis (26/3/2020).

Menkominfo turut menagih para operator telekomunikasi menyediakan produk dan solusi yang mendukung kebijakan pemerintah untuk bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan ibadah di rumah sesuai dengan kapasitas masing-masing.

Operator telekomunikasi diminta untuk melakukan optimasi, operasional dan pemeliharaan/perbaikan jaringan telekomunikasi, termasuk Base Transceiver Station (BTS), beserta alat dan perangkat telekomunikasi lain dengan tetap mematuhi kebijakan pemerintah terkait pembatasan interaksi dan menjaga jarak aman (physical distancing).

Dalam kesempatan ini Menkominfo mengatakan pemerintah juga akan memonitor berkumpulnya orang di masa darurat dalam rangka physical distancing melalui data pergerakan smartphone (Nomor HP/MSISDN) berdasarkan data BTS.

"Akan ada peringatan yang diberikan melalui SMS blast. Ini berlaku hanya untuk keadaan darurat wabah sampai dengan pemerintah menyatakan keadaan kondusif dan keadaan darurat diakhiri," pungkas Johnny.



Simak Video "Twitter akan Izinkan Karyawan WFH Selamanya"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)