Tangkal Corona, Sinyal Operator Jadi 'DiRumahAja' dan 'Stay Safe'

Tangkal Corona, Sinyal Operator Jadi 'DiRumahAja' dan 'Stay Safe'

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 24 Mar 2020 16:12 WIB
Operator seluler mengubah nama sinyal mereka di ponsel para pelanggannya untuk menyerukan waspada di tengah merebaknya virus corona.
Tangkal Corona, Sinyal Operator Jadi 'DiRumahAja' dan 'Stay Safe' (Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto)
Jakarta -

Operator seluler menyulap nama sinyal mereka di smartphone pelanggan, seperti Telkomsel menyerukan 'DiRumahAja', Smartfren menggemakan 'Stay Safe', dan XL Axiata dengan 'DiRumahLebihBaik'. Seperti apa wujudnya?

Langkah ini rupanya dilakukan operator seluler untuk mendukung sosialisasi physical distancing atau jaga jarak selama merebaknya virus corona di Indonesia.

Pemerintah sejak beberapa waktu lalu telah menyerukan kepada masyarakat agar melakukan aktivitas, seperti belajar, bekerja, dan beribadah di rumah agar memutus penyebaran COVID-19.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin menjelaskan, Telkomsel terus memantau perkembangan situasi terkini terkait pandemi COVID-19. Mengubah sinyal di ponsel pelanggan ini sebagai bentuk proaktif dan berkolaborasi bersama para pemangku kepentingan.

"Termasuk dengan mendorong sosialisasi pencegahan penularan virus COVID-19 di seluruh channel dan fasilitas milik Telkomsel," ujar Denny dalam keterangan tertulisnya, Selasa (24/3/2020).

"Salah satunya dengan membantu sosialisasi himbauan Pemerintah RI untuk masyarakat dapat beraktivitas (belajar, bekerja dan beribadah) Di Rumah Saja dengan memanfaatkan fitur Network Name yang tersedia di seluruh perangkat smartphone/gawai," tuturnya.

Begitu juga dengan Smartfren yang mengubah nama sinyal di ponsel pelanggannya. Disampaikan Munir Syahda Prabowo selaku VP Technolgy Relations and Special Project Smartfren, cara ini untuk meningkatkan kewaspadaan pelanggan dari merebaknya corona.

"Sesuai anjuran pemerintah untuk melakukan social distancing supaya tetap aman dan tidak terjangkit virus tersebut," ucapnya.







Tak hanya Telkomsel dan Smartfren, rupanya XL Axiata tak ingin ketinggalan yang juga mengajak pelanggannya untuk tetap berada di rumah di tengah merebaknya virus corona di Tanah Air. Seperti dalam pantauan detikINET di stories akun Instagram operator seluler yang identik warna biru ini.

XL AxiataXL Axiata Foto: Screenshoot






Simak Video "Update Positif Covid-19 RI Per 9 Agustus: 125.396 Positif, 80.952 Sembuh"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)