Jepang Siap Gelar 5G, Paket Data Rp 130 Ribuan

Jepang Siap Gelar 5G, Paket Data Rp 130 Ribuan

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 06 Mar 2020 20:13 WIB
Negara Jepang
Foto: (Afif Farhan/detikTravel)
Jakarta -

Negara yang akan mengkomersilkan layanan 5G bertambah lagi. Jepang melalui Softbank, sebagai operator selulernya, mengumumkan 27 Maret ini menyediakan paket data 5G seharga 1.000 Yen atau sekitar Rp 130 ribuan per bulannya.

Dikutip dari Nikkei Asian Review, Jumat (6/3/2020) pelanggan Softbank yang saat ini menggunakan layanan 4G dapat mengakses 5G dengan harga 1.000 Yen per bulannya atau gratis selama dua tahun jika sudah mendaftar pada akhir Agustus.

Dengan 5G, kalian bisa merasakan pengalaman internet super ngebut dari 4G. Kecepatan pengiriman dan menerima data 100 kali lebih cepat, sehingga memungkinkan pengguna smartphone dapat mengunduh film dua jam hanya dalam beberapa detik saja.

Softbank akan memanfaatkan kecepatan 5G untuk acara streaming olahraga multicamera dan game berbasis cloud. Teknologi ini pun dapat dipakai untuk keperluan medis, pendidikan, serta layanan bisnis.

Operator seluler terbesar ketiga di Negeri Matahari Terbit itu baru menyediakan layanan 5G secara terbatas. Adapun kota-kota yang mencicipi 5G dari Softbank ini, yaitu Tokyo, Osaka, Chiba, Aichi, Hiroshima, Ishikawa, dan Fukuoka.

Di samping itu, Softbank juga akan terus memasang Base Transceiver Station (BTS) untuk menunjang layanan 5G ini hingga akhir Maret 2023 sebanyak lebih dari 10 ribu unit.

Smartphone yang ada saat ini jelas tidak bisa merasakan layanan 5G. Ponsel yang sudah berkemampuang mendukung jaringan seluler generasi kelima itu yang bisa menjajalnya yang mana saat ini masih terbatas.

Softbank mengharapkan lebih dari 90% populsi Jepang sudah dapat memiliki akses ke 5G pada akhir 2021. Pemerintah setempat juga tengah mencari cara agar frekuensi yang dipakai untuk 4G dialihkan ke 5G pada awal musim panas ini.

Sementara itu, operator seluler Jepang lainnya, seperti NTT Docomo, KDDI, dan Rakuten juga mengarah kepada komersialisasi 5G dalam waktu dekat. NTT Docomo dan KDDI pada musim semi, sedangkan Rakuten kemungkinan baru menggelarnya pada April.



Simak Video "China Tuding Inggris dan AS Berkoalisi Memblokir Huawei"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)