Jangan Sampai Aturan IMEI Ikuti Jejak Registrasi SIM Card

Jangan Sampai Aturan IMEI Ikuti Jejak Registrasi SIM Card

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 27 Feb 2020 21:06 WIB
Setelah ditandatangani 18 Oktober 2019 oleh tiga menteri, aturan IMEI akan berlaku 18 April 2020. Lantas bagaimana nasib ponsel black market atau BM?
Ilustrasi IMEI ponsel. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan operator seluler tengah menggodok mekanisme pemblokiran ponsel Black Market (BM) melalui serangkaian uji coba. Lewat uji coba itu juga mereka berkaca dari pengalaman agar aturan IMEI ini tidak bermasalah seperti registrasi SIM Card prabayar.

Diberitakan sebelumnya, Kominfo bersama operator seluler telah melakukan uji coba pemblokiran selama dua hari. Skema pemblokiran black list diwakilkan XL Axiata pada Senin (17/2) dan uji coba pemblokiran mekanisme white list diwakilkan Telkomsel pada Selasa (18/2).

"Kita diberikan kesempatan waktu untuk betul-betul yakin persiapan (aturan IMEI) ini mulus, sehingga pada saat (aturan IMEI) efektif berlaku, tidak ada lagi hal-hal yang belum terantisipasi dan terjadi," kata Merza di Jakarta, Kamis (27/2/2020).

"Artinya, kemarin kita terus terang saja pada saat proses peraturan baru mengenai registrasi pelanggan prabayar, itu memang banyak hal yang miss dari antisipiasi kita sebelumnya yang terjadi setelah aturan efektif, itu betul-betul menyulitkan dan sangat mempunyai dampak besar kepada industri," ungkapnya.

Sayangnya, Merza yang juga Presiden Direktur Smartfren ini tidak mengatakan secara rinci permasalahan registrasi SIM card prabayar yang dimaksudnya itu.

"Belajar dari situ kami ingin 18 April itu betul-betul yakin, kita siap dan semua masalah sudah diantisipasi dengan baik," ucap Merza.

Aturan validasi nomor IMEI akan diberlakukan pada 18 April 2020. Ponsel BM yang terbukti ilegal, maka perangkat tersebut tidak akan menikmati layanan seluler yang disediakan operator seluler, walau gadget itu sudah diisi dengan SIM card.



Simak Video "Kemenperin Sebut Aturan IMEI Belum Efektif Blokir Ponsel BM"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)