Tri Indonesia Usung Teknologi 4,5G, Diklaim 8 Kali Lebih Cepat

Tri Indonesia Usung Teknologi 4,5G, Diklaim 8 Kali Lebih Cepat

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 12 Feb 2020 16:23 WIB
Tri Luncurkan Jaringan 4,5G
Tri Indonesia Usung Teknologi Baru, Diklaim 8 Kali Lebih Cepat (Foto: Aisyah Kamaliah/detikcom)
Jakarta -

Tri Indonesia memasang teknologi terbaru yang disebut sebagai 4,5G Pro, dan menjanjikan koneksi internetnya meningkat 8 kali lipat dengan memakai Massive MIMO 32T32R.

Tahun 2016 adalah saat 4G pertama kali diperkenalkan. Danny Buldansyah Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia mengungkapkan ini dilakukan demi membangun jaringan yang kuat dan luas di berbagai daerah di Indonesia.

"Kita punya SDM yang luar biasa. Di tahun ke depan, kita punya 66 juta penduduk yang berusia 10-24 tahun yang nantinya menjadi bonus demografi," ujarnya di acara 3 Media Gathering, Rabu (12/2/2020), Plaza Senayan.


Donny menuturkan 3 Indonesia berkomitmen memberi dukungan kepada ambisi tersebut. 3 Indonesia pun mencoba membangun jaringan yang lebih berkualitas, luas, dan kuat.

"2019 kami memperluas mencapai 200 juta penduduk di Indonesia," katanya.

Selain itu, 3 juga memperluas jaringannya dengan membangun lebih dari 9.000 Base Transceiver Station (BTS) yang tersebar di wilayah Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan dan Sulawesi. Jaringannya pun sudah menjangkau 2 juta pengguna di 300 kabupaten, 3.000 kecamatan, dan 33.000 desa di seluruh Indonesia.

Tri Indonesia Usung Teknologi Baru, Diklaim 8 Kali Lebih CepatFoto: (Aisyah Kamaliah/detikcom)


Desmond Cheung selaku Chief Technical Officer 3 Indonesia dalam acara yang sama mengenang masa awal ia bergabung di mana Indonesia saat itu baru memiliki 3G.

"Saya mulai membangun LTE dan sangat bangga karena membangun untuk orang Indonesia, kini saya mau membagikan apa yang udah kami lakukan," tutur Cheung.

Cheung mengatakan mereka terus meningkatkan kualitas setiap tahunnya dan bisa mendapatkan internet yang lebih kuat dan cepat. " Sehingga anak muda bisa meningkatkan kemampuan mereka, talenta mereka untuk membangun Indonesia," sambungnya.


Ia melanjutkam bahwa kini 3 Indonesia berhasil membuat teknologi berbeda, jaringannya berdasarkan hasil percobaannya bisa 8 kali lebih cepat dibandingkan jaringan tahun 2016. Performanya pun diklaim di atas rata-rata pasar.

"Kami membuat teknologi berbeda, network kami bisa 8 kali lebih cepat dibandingkan network beberapa tahun silam. Performa kami di atas rata-rata pasar," ujar dia.

Selain itu, Cheung menambahkan jaringan 3 Indonesia juga akan lebih kuat terutama di tempat-tempat yang biasanya sulit sinyal seperti saat di dalam transportasi umum, stasiun MRT, atau di kantor.

"Kami memahami konsumen kami biasanya sering ke sekolah, kantor, pusat pembelanjaan, dan transpotasi seperti MRT, banyak yang naik kereta, jadi kami cover lokasi ini sehingga orang bisa menggunakan internet lebih baik," tandasnya.



Simak Video "Risma Sujud ke IDI, dr Sudarsono Beri Penjelasan"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)