Setyanto Hantoro Punya PR Besar Bikin Telkomsel Lebih Profit - Halaman 2

Setyanto Hantoro Punya PR Besar Bikin Telkomsel Lebih Profit

Agus Tri Haryanto, Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 13 Jan 2020 17:41 WIB
Dirut baru Telkomsel Setyanto Hantoro. Foto: Telkomsel

Di samping itu, Setyanto juga dihadapi masifnya arus kebutuhan konten yang sangat tinggi yang diminta konsumen. Artinya, penggunaan data bakal semakin dikeluarkan oleh pelanggan.

Dalam situasi tersebut, Doni menjelaskan bagaimana Setyanto bisa membawa Telkomsel menumbuhkan profit saat trafik data tumbuh dan ketika di waktu bersamaan layanan voice dan SMS menurun.

"Pricing yang sehat antara daya beli orang dan kualitas yang sama. Tantangannya kan mengarah ke konten. Jangan sampai misalnya konten seperti streaming yang butuh bandwidth dan invetasi besar tapi pricising gak bagus. Lalu, menyiapkan strategi, kalau layanan voice dan SMS turun, itu nanti pengaruh ke pendapatan," tuturnya.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto HartantoDirektur Utama Telkomsel Setyanto Hartanto Foto: Telkomsel


Dengan bekal pengalaman di berbagai posisi, Setyanto memiliki latar belakang di bidang strategi, investasi, hingga paham soal jaringan, Doni memperkirakan akan ada gebrakan yang dilakukannya nanti.

"Dia bisa geber bisnis digital lewat Maxstream atau 5G, itu harus modernisasi jaringan end to end," ungkapnya.

Doni juga melihat ditunjuknya Direktur Network Venusiana Papasi yang merupakan orang Telkomsel alias meniti karir dari awal di perusahaan, memperkuat keyakinan bahwa Telkomsel akan lebih menggebrak pada 2020, seperti upaya transformasi yang selalu dikibarkan Telkomsel belakangan ini, digital telco company.

"Venus itu orang Telkomsel, besar di (bidang-red) jaringan Telkomsel. Dia ditunjuk karena dia paham dan tahu jaringan Telkomsel," ujarnya.

Namun di luar itu semua, Doni menyebutkan kunci kesuksesan Telkomsel juga harus ada hubungan yang harmonis dengan induk perusahan, Telkom. Sebagai anak perusahaan, Telkomsel tak hanya menggunakan backbone yang dibangun Telkom, tetapi juga menyumbang kontribusi pendapatan hingga 70% kepada perusahaan BUMN ini.

"Setyanto dan Ririek (Dirut Telkom) seperti dwitunggal. Harus sejalan," pungkasnya.


Setyanto Hantoro Punya PR Besar Bikin Telkomsel Lebih Profit
(agt/fay)