Indonesia Penerima Panggilan Telepon Spam Terbanyak ke-3 di Dunia - Halaman 2

Indonesia Penerima Panggilan Telepon Spam Terbanyak ke-3 di Dunia

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 06 Des 2019 17:19 WIB
Foto: Internet

Truecaller Insights Report 2019 juga menunjukkan bahwa Indonesia berada di posisi ke-10 sebagai negara penerima SMS spam terbanyak di dunia. Rata-rata, satu orang Indonesia menerima 46 SMS spam setiap bulan. Tiga negara dengan jumlah SMS spam terbanyak di dunia semuanya berasal dari Benua Afrika, yaitu Ethiopia (119), Afrika Selatan (114), dan Kenya (102).

Indonesia Penerima Panggilan Telepon Spam Terbanyak ke-3 di DuniaFoto: Dok. Truecaller

Negara tetangga Malaysia adalah negara penerima spam terbanyak kedua di Asia Tenggara. Malaysia menempati posisi ke-19 untuk penerima panggilan spam dan posisi ke-15 untuk penerima SMS spam terbanyak di dunia. Dibandingkan dengan Indonesia, orang Malaysia rata-rata hanya menerima 8,3 panggilan spam dan 24 SMS spam setiap bulan.

Indonesia Penerima Panggilan Telepon Spam Terbanyak ke-3 di DuniaFoto: Dok. Truecaller

Namun, laporan Truecaller mengungkapkan bahwa Malaysia mencatatkan persentase panggilan penipuan tertinggi di dunia. Sekitar 63% panggilan spam di Malaysia bersifat penipuan, sebagian besar terkait dengan asuransi palsu dan panggilan penagih utang. Negara-negara lain yang paling banyak menerima panggilan scam adalah Australia (60%), Lebanon (49%), dan Kanada (48%).

Indonesia Penerima Panggilan Telepon Spam Terbanyak ke-3 di DuniaFoto: Dok. Truecaller

"Seperti yang terlihat dalam laporan kami dari tahun ke tahun, angka penipuan melalui telepon maupun SMS terus meningkat secara signifikan di Indonesia. Saat ini, ponsel memang sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dalam kegiatan sehari-hari, namun oknum yang tidak bertanggung jawab justru menggunakan kesempatan ini untuk melakukan penipuan dengan mengelabui masyarakat umum. Karena itulah, di Truecaller, kami sangat bangga bisa membantu lebih dari 420.000 pengguna aktif harian di Indonesia untuk melindungi mereka dari panggilan scam," kata Kim Fai Kok, Director of Communications Truecaller dalam keterangan yang diterima detikINET.

Truecaller Insights Report 2019 dikompilasikan secara anonim dari panggilan masuk yang ditandai sebagai spam oleh pengguna - atau secara otomatis ditandai oleh Truecaller selama periode 1 Januari 2019 hingga 30 Oktober 2019, untuk memahami tingkat spam rata-rata bulanan. Truecaller sendiri saat ini sudah diinstal lebih dari 500 juta kali dengan 150 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

Indonesia Penerima Panggilan Telepon Spam Terbanyak ke-3 di Dunia
(asj/fyk)