Seputar Bahaya Tawon Vespa Affinis dan Antisipasinya - Halaman 2

ADVERTISEMENT

Seputar Bahaya Tawon Vespa Affinis dan Antisipasinya

Tim detikcom - detikInet
Selasa, 26 Nov 2019 17:41 WIB
Tawon Vespa affinis (iStock)

4. Makan dari sampah

Tawon Vespa affinis bisa hidup dengan makan serangga dan bangkai di sampah warga. Jika sampah tidak ditangani secara benar, tawon akan cepat berkembang biak.

Jenis tawon Vespa bukan hanya makan hewan lain dan buah, tetapi juga bisa mencari makan ke berbagai tempat karena sampah sisa dan daging pun menjadi makanannya. Dengan kecenderungan makanan seperti itu, tawon Vespa bisa beradaptasi dengan cepat.

5. Efek sengatan bisa mematikan

Sengatan tawon Vespa menimbulkan bengkak. Jika terjadi sengatan dalam jumlah banyak akan menimbulkan anafilaksis, organ bisa rusak dalam hitungan hari.

Efek fatal sengatan tawon Vespa affinis diungkap dalam Journal of Medical Case Reports dari studi di Sri Lanka tahun 2014. Korban tewas di Sri Lanka mengalami komplikasi akibat kegagalan organ. Hasil pemeriksaan menyatakan, korban mengalami penumpukan cairan di luar paru atau pleural effusions, dalam ruang paru atau acute pulmonary oedema, dan ditemukan titik merah pada urine.


6. Butuh antisipasi cepat

Ketua tim penanganan tawon Vespa affinis Pemkab Klaten, dokter Rony Roekmito, menjelaskan tawon itu racunnya bisa mematikan jika tidak cepat ditangani dengan metode yang tepat. Yang fatal adalah jika menyerang limpa dan ginjal.

"Apabila dua organ itu sudah kena racun, tidak akan berfungsi dengan baik menyaring racun dalam tubuh. Akibatnya, daya tahan tubuh lemah dan, jika racun yang masuk dalam jumlah banyak, bisa menyebabkan kematian korbannya. Jika disengat, segera periksakan diri ke puskesmas, RS, atau dokter terdekat untuk memastikan tidak berbahaya,'' jelasnya.

7. Pencegahan

Tawon Vespa bisa hidup dengan makan serangga dan bangkai di sampah warga. Oleh karena itu, warga harus membersihkan sampah di sekitar pemukiman mereka, jika tidak akan menjadi sumber makanan dan perkembangbiakan tawon Vespa.

Penanganan terpadu juga diperlukan. Damkar bisa menangani sarang, Dinas Lingkungan Hidup menangani pohon dan sampah, Dinas Kesehatan menangani korban dan sosialisasi. Semua pihak harus terlibat.
(fay/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT