Sabtu, 12 Okt 2019 19:11 WIB

Latih Mahasiswa, Telkomsel Kembali Gelar IndonesiaNEXT 2019

Mochamad Solehudin - detikInet
Suasana acara. Foto: Mochamad Solehudin Suasana acara. Foto: Mochamad Solehudin
Bandung - Telkomsel kembali menggelar IndonesiaNEXT 2019. Kegiatan tersebut merupakan program dalam upaya meningkatkan keahlian profesional mahasiswa menjadi sumber daya manusia yang unggul.

Pada tahun ini, IndonesiaNEXT akan digelar di delapan kota di seluruh Indonesia. Dari delapan kota yang akan dikunjungi terdapat beberapa kota yang untuk pertama kalinya menggelar kegiatan tersebut, yakni Samarinda, Banda Aceh, Manado dan Ambon.

Telkomsel sengaja datang ke empat kota itu, untuk memberi kesempatan secara luas kepada para mahasiswa di seluruh Indonesia agar bisa ikut berpartisipasi dalam program IndonesiaNEXT 2019.

Untuk tahun 2019, acara IndonesiaNEXT 2019 dimulai secara resmi di Institut Teknologi Bandung. Ribuan mahasiswa dari sejumlah universitas di Kota Bandung terlihat memadati aula barat ITB menjadi tempat kegiatan.


Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini menyatakan, kegiatan IndonesiaNEXT telah dimulai sejak 2016 lalu. Kegiatan ini merupakan bentuk perhatian Telkomsel untuk membantu menyiapkan generasi muda menjadi sumber daya manusia unggul terutama di sektor pendidikan.

"Kenapa Telkomsel punya program IndonesiaNEXT, karena Telkomsel punya kepedulian (untuk membantu meningkatkan) kualitas pendidikan di Indoensia," kata dia, dalam sambutannya, di Kampus ITB, Kota Bandung, Sabtu (12/10/2019).

Dia mengungkapkan, berbagai kegiatan digelar dalam IndonesiaNEXT 2019. Di setiap kota kegiatan akan diawali dengan kuliah umum bertema 'Digital Leadership' oleh sejumlah narasumber profesional. Selain itu ada kursus online yang topiknya terdiri dari creative content, office and presentatiton dan creative design.

Selain itu, ada juga pelatihan tatap muka dengan tema 'Creative Design for Powerful Presentation'. Setelah itu akan dilakukan sertifikasi tingkat internasional bagi para peserta. "Sejak diselenggarakan pada 2016, IndonesiaNEXT telah menjangkau sekitar 40 ribu peserta dari ribuan universitas di Indonesia," ucapnya.

Dia juga menambahkan, para peserta yang mendaftar akan dipilih dan diseleksi untuk mengikuti tahapan lanjutan. Nantinya, lanjut dia, akan dipilih tiga peserta terbaik di setiap kota yang akan mengikuti National Bootcamp sebagai tahapan terakhir untuk bisa menjadi The Best IndonesiaNEXT 2019 Talents.


"Dikirim internasional visit ke Singapura, Thailand, Australia belajar industri dan teknologi update di luar negeri. Internasional exposure, bisa upgrade kompetensi," ujarnya.

Sepanjang penyelenggarannya, IndonesiNEXT telah mengirimkan para pemenang ke Jepang hingga Amerika Serita untuk mendapatkan short course di perguruan tinggi dan beberapa perusahaan ternama. Selain itu, lebih dari 4.800 peserta telah mendapatkan sertifikasi keahlian.

Sementara itu, Rektor ITB Kadarsah Suryadi menyambut baik kegiatan IndonesiaNEXT 2019. Pasalnya, generasi muda perlu disiapkan untuk menghadapi tantangan ke depan. Apalagi saat ini kita sedang menghadapi perkembangan jaman yang kian pesat. "Saya sangat sambut baik acara ini," ujarnya.

Simak Video "Ini Penjelasan soal Gangguan Jaringan Internet Telkomsel"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)