Sabtu, 14 Sep 2019 07:38 WIB

Dari 6 Calon Menkominfo Ini detikers Pilih Siapa?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
1 6 Kandidat Kuat
Halaman 2 dari 2
Foto: Muhammad Ridho Foto: Muhammad Ridho

Nadiem Makarim
Pria kelahiran Singapura 35 tahun lalu ini adalah pendiri dan juga CEO Gojek. Nadiem memulai kariernya sebagai konsultan manajemen di McKinsey & Company. Ia pun pernah menjadi CEO Zalora Indonesia, CIO Kartuku, sebelum akhirnya fokus mengembangkan Gojek yang dirintisnya sejak 2011. Kini Nadiem juga disebut-sebut termasuk salah satu orang terkaya di Indonesia setelah Gojek kabarnya sudah berstatus decacorn, atau valuasinya mencapai USD 10 miliar.

Arief Yahya
Perjalanan karier Arief Yahya sebelum akhirnya menjadi Menteri Pariwisata Indonesia bisa dibilang sepenuhnya dihabiskan di PT Telkom, tepatnya setelah ia lulus kuliah dari Institut Teknologi Bandung pada usia 25 tahun. Puncak karier pria kelahiran Banyuwangi, 58 tahun lalu ini di Telkom adalah menjabat sebagai Direktur Utama yang diembannya dari 2012 sampai 2017. Setelah 28 tahun berkarier di Telkom, pria yang akrab disapa AY ini diminta Presiden Joko Widodo untuk menjadi Menteri Pariwisata dalam Kabinet Kerja 2014-2019.

Najwa Shihab
Nana, begitu ia biasa dipanggil, adalah putri dari Quraish Shihab, cendekiawan muslim di Indonesia. Alumni Fakultas Hukum UI masuk memilih berkarier di dunia jurnalistik ketimbang bekerja sesuai dengan bidang keilmuwannya. Ia masuk ke dunia penyiaran lewat RCTI, dan kemudian pindah ke Metro TV, di mana ia meniti karir jadi jabatan paling bawah sampai menjadi wakil pemimpin redaksi. Ia pun mempunyai program sendiri yang bernama Mata Najwa. Setelah 18 tahun berkarir di sana, wanita kelahiran 16 September 1977 merintis bisnis dengan membangun Narasi TV.

Ririek Adriansyah
Sama seperti Arief Yahya, Ririek Adriansyah adalah pria yang berkarier di Telkom sejak lulus kuliah pada 1990. Ririek pun -- sama seperti kebanyakan direksi Telkom dan Telkomsel lain -- adalah alumni Institut Teknologi Bandung. Per Mei 2019 lalu, Ririek ditunjuk menjadi Direktur Utama Telkom, setelah sebelumnya menjadi Dirut Telkomsel sejak Desember 2014. Bermacam jabatan di Telkom -- dan anak perusahaannya -- pernah ditempati pria kelahiran Yogyakarta, 56 tahun lalu ini, seperti Direktur Wholesale & International Service Telkom, dan Direktur Marketing & Sales Telin.

Wishnutama
Wishnutama Kusubandio, begitu nama lengkap pria kelahiran Jayapura, 49 tahun lalu ini. Ia adalah salah satu pendiri dan Komisaris Utama Net Mediatama Televisi, dan sebelumnya ia adalah Direktur Utama Trans7 dan TransTV. Ia menghabiskan masa SMA di Australia dan Singapura, dan berkuliah Liberal Arts di Mount Ida College Boston, Amerika Serikat. Karier profesionalnya dimulai sebagai production Assistant di New England Cable News, Amerika Serikat. Pada 1994 ia kembali ke Indonesia dan bekerja di Indosiar, lalu pada 2001 ia pindah ke Trans TV, yang kemudian menjadi Direktur Utama TV7 pada 2006, dan menjadi Direktur Utama Trans TV pada 2008.

Wahyu Sakti Trenggono
Panggilannya adalah 'Mas Treng', dan ia bisa dibilang adalah taipan dalam bisnis telekomunikasi. Pria lulusan Universitas Bina Nusantara dan Institut Teknologi Bandung ini memulai karirnya di PT Federal Motor (sekarang PT Astra Honda Motor) pada 1986. Ia kemudian mundur dari Astra dan memulai bisnis di bidang IT dan telekomunikasi pada awal 2000an, tepatnya bisnis menara telekomunikasi lewat PT Tower Bersama Infrastructure yang menyewakan menara telekomunikasi kepada para operator seluler.

(asj/krs)