Senin, 02 Sep 2019 16:42 WIB

Jaringan Telkomsel di Papua Nyaris Pulih Usai Fiber Optik Terbakar

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta - Telkomsel terus mengebut pemulihan layanan telepon dan SMS di Jayapura, Papua, yang sejak Kamis (29/8) terganggu. Layanan itu diestimasikan sudah pulih seperti sediakala pada pekan ini.

Hal itu dikatakan oleh GM External Corporate Communication Telkomsel Aldin Hasyim, ketika menginformasikan sudah sejauh mana estimasi pemulihan jaringan pihaknya di Jayapura secara khusus terkait BTS (Base Transceiver Station).




"Tinggal 2% BTS kita itu masih putus tapi sekarang hari ini dan besok itu sudah disolusikan. Mudah-mudahan di akhir minggu ini 100% BTS bisa up lagi, tapi untuk voice dan SMS ya," ungkapnya di Telkomsel Smart Office, Jakarta, Senin (2/9/2019).

Aldin menjelaskan bahwa beberapa hari yang lalu memang ada kabel fiber optik yang terbakar di Abepura. Hal itu menyebabkan jaringan di sebagian wilayah Bumi Cenderawasih terganggu.

"Jadi, kemarin itu ada fiber optik yang memang kendalanya itu terbakar. Bukan di laut tapi di darat yang menyebabkan di kota Jayapura kemarin terputus akibat kena api," Aldin.




Disampaikan Aldin, proses perbaikan ini juga dihadapi tantangan situasi di lapangan yang harus dilakukan pada siang hari. "Kalau malam benerinnya enggak bisa karena ada risiko. Begitu siang hari kita jalan dikawal oleh teman-teman TNI, Polri. Semoga 1-2 hari ini bisa beres, nanti bisa up lagi," tandasnya.

Akses internet di Papua dan Papua Barat sendiri sejauh ini masih diblokir. Saat ditanya apakah sudah ada tanda-tanda blokirnya dibuka, Telkomsel menyerahkan keputusan kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).







Simak Video "Perkembangan Terkini soal Layanan SMS dan Telepon Telkomsel di Papua"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/krs)