Sabtu, 17 Agu 2019 17:16 WIB

Palapa Ring Timur Selesai, 'Tol Langit' Jadi Kado Ultah ke-74 RI

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: dok. Menkominfo Foto: dok. Menkominfo
Jakarta - Tepat di hari peringatan ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke-74, masyarakat akan merasakan koneksi internet cepat. Hal itu seiring dengan rampungnya konstruksi pembangunan Palapa Ring Paket Timur.

Diketahui, proyek pembangunan infrastruktur tulang punggung kabel serat optik terbagi ke dalam tiga segmen, yaitu Palapa Ring Paket Barat, Palapa Ring Paket Tengah, dan Palapa Ring Paket Timur.

Khusus untuk nama yang terakhir, pemerintah mengalami kesulitan dalam menggelar kabel serat optiknya, mulai dari struktur wilayah yang menantang dibandingkan dengan paket yang di barat dan tengah. Selain itu juga, ketiadaan jalan untuk membangun infrastrukturnya pun jadi hambatan lainnya.


Setelah menanti cukup waktu lama, akhirnya konstruksi Palapa Ring Paket Timur dinyatakan sudah rampung dibangun. Begitu yang disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara kepada detikINET, Sabtu (17/8/2019).

"Konstruksi Palapa Ring Timur baru selesai dibangun, melengkapi Palapa Ring Barat dan Palapa Ring Tengah," ujarnya melalui layanan pesan singkat.

"Bersama jaringan yang dibangun operator, ini menandai merdekanya konektivitas jaringan tulang punggung (backbone) broadband (internet kecepatan tinggi) yang menghubungkan semua kabupaten/kota seluruh Indonesia," sambungnya.

Palapa Ring Timur Selesai, 'Tol Langit' Jadi Kado Ultah ke-74 RIFoto: Dok. Kemenkominfo


Pada kesempatan ini juga, Menkominfo menyampaikan ucapan HUT ke-74 RI. Disampaikannya, dengan kondisi serba kekurangan, pendiri bangsa bisa memerdekakan bangsa dari penjajahan.

"Saat serba ada sekarang tidak ada alasan untuk Indonesia untuk tidak menjadi negara besar di dunia, Dirgahayu NKRI," sebutnya.

Tak lupa, pria yang disapa Chief RA ini mengajak kepada masyarakat semuanya untuk memerdekakan juga dunia maya dari hoax dan konten negatif lainnya.



Palapa Ring Paket Timur menjangkau 35 kota/kabupaten yang tersebar mulai dari Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua, dan Papua Barat.

Untuk menghubungkan 35 kota/kabupaten ini, setidaknya kabel serat optik sepanjang 8.454 kilometer digelar oleh PT Palapa Timur Telematika selaku konsorsium pemenang lelang yang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Terkait 8.454 kilometer ini sudah mencakup penggelaran kabel darat, kabel laut, dan radio microwave.

Palapa Ring paket timur telah memasuki tahap penggelaran perdana kabel serta optik bawah laut sekitar 4.500 kilometer, di mana sebelumnya untuk kabel darat sudah dilakukan oleh PT Palapa Timur Telematika. Penggelaran kabel serat optik bawah laut perdana ini dilakukan di Teluk Bintuni, Papua Barat.

Seluruh proses penggelaran kabel laut Palapa Ring Timur akan dilakukan menggunakan 3 (tiga) kapal, yaitu Nostag 10, Pacific Guardian, dan Teliri. Ditargetkan, proses ini dapat rampung pada bulan September, sehingga akhir 2018 bisa beroperasi dan dinikmati masyarakat.

Simak Video "Jokowi Resmikan Palapa Ring, Tulang Punggung Internet Cepat"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)