Minggu, 26 Mei 2019 05:11 WIB

2,5 Juta Pelanggan bakal Mudik, Ini Persiapan XL

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Sepanjang Ramadhan 2019, XL Axiata mencatat peningkatan trafik data. Namun kenaikan yang terjadi dinilai unik.

"Sahur bisa naik 1,5 kali dari sebelum puasa, mau data atau call. Tapi saat Taraweh, malah menurun 20%," ungkap Yessie D Yosetya, Direktur Teknologi XL Axiata.


Bicara soal lebaran, XL memprediksi 2,5 juta pelanggannya bakal mudik ke daerah Jawa dan Lampung. Karena itu mereka mempersiapkan jaringannya agar komunikasi pelanggan lancar selama mudik.

"Saat lebaran kenaikan trafik mencapai 20%. Untuk itu kami memastikan kapasitas jaringan cukup, mulai dari radio, transport dan cor," ujar ujar

Untuk kapasitas radio, opertor yang identik berwarna biru ini memasang 1.700 BTS. Ini menjadi bagian dari roll-out 10 ribu BTS LTE.


"Saat test drive bersama BRTI, jalur mudik mobil sudah 97% tercover LTE. Sementara di kereta 93% sudah tercover LTE," ungkap Yessie.

Guna mempelancar koneksi internatan selama lebaran, XL meningkat upstrem. Tidak tanggung-tangung peningkatannya mencapai 1,5 kali.

"Kami menyiapkan dua exchange di Singapura dan Australia," kata Yessie. (afr/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed