Kamis, 23 Mei 2019 07:59 WIB

China Nikmati Jaringan 5G Mulai 1 Oktober

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: detik Foto: detik
Jakarta - China dikabarkan akan mulai menggulirkan jaringan 5G komersial secara nasional pada tanggal 1 Oktober mendatang. Keputusan China ini menjadikannya negara keempat yang meluncurkan jaringan 5G secara nasional, mengikuti Korea Selatan, Amerika Serikat dan Inggris.

Informasi ini pertama kali disampaikan oleh Deputy General Manager ZTE, Michael Gao Wenhao. Gao mengatakan informasi ini ia dapatkan dari tiga operator telekomunikasi China, China Mobile, China Unicom dan China Telecom.



Gao mengatakan pada tanggal 1 Oktober ketiga operator akan mengaktifkan 30.000 hingga 50.000 base station di 40 kota di China daratan. Sedangkan tanggal peluncuran untuk Hong Kong masih belum diketahui.

"Ini untuk merayakan ulang tahun ke-70 berdirinya Republik Rakyat China," kata Gao seperti dikutip detikINET dari China Daily, Rabu (22/5/2019).

Gao mengatakan base station yang digunakan disediakan oleh vendor lokal Huawei dan ZTE serta vendor Swedia, Ericsson. Jaringan 5G yang digulirkan di China juga akan mencakup area yang lebih luas dibanding Korea Selatan dan AS.

ZTE memprediksi pada tahun 2020 5G akan lebih banyak digunakan untuk komunikasi personal dan gaming. Kedua sektor ini disebut memiliki profitabilitas yang kuat dalam waktu singkat.



Begitu jaringan generasi kelima ini diluncurkan konsumen di China tidak akan kekurangan opsi smartphone 5G yang bisa dibeli. Beberapa vendor smartphone lokal seperti Huawei dan ZTE telah meluncurkan smartphone 5G mereka, sedangkan vendor seperti Lenovo, Oppo dan Xiaomi akan meluncurkan perangkat 5G mereka dalam beberapa waktu ke depan. (vim/krs)