Minggu, 10 Mar 2019 15:37 WIB

Sinyal Internet Smartfren Tembus di Pulau Terluar RI

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Smartfren Foto: Smartfren
Jakarta - Smartfren mengumumkan kehadiran layanan 4G miliknya di salah satu pulau terluar Indonesia, tepatnya di Kabupaten Natuna. Ketersediaan layanan Smartfren ini juga sebagai dukungan mendongkrak potensi sosial dan ekonomi lewat pemanfaatan teknologi bagi masyarakat sekitar.

Presiden Direktur Smartfren Merza Fachys mengatakan, pihaknya melihat Natuna punya bonus demografi yang sangat baik, karena letaknya yang strategis dan berbatasan langsung dengan Malaysia dan Vietnam. Namun di sisi lain, Natuna ini punya tantangan tersendiri, berupa wilayah yang cukup menantang dan berbentuk kepulauan.



"Untuk itu, hadirnya layanan Smarfren di Natuna diharapkan dapat memberikan kemudahan akses komunikasi dan telekomunikasi bagi warga di daerah tersebut. Khusus untuk pemerintah Kabupaten Natuna, kami berharap hadirnya Smartfren dapat mempermudah komunikasi juga koordinasi antar para pemangku kepentingan," kata Merza dalam siaran persnya, Minggu (10/3/2019).


Selain itu, anak perusahaan Sinar Mas ini melihat ada potensi penerapan dan mencanangkan Kota Ranai di Natuna sebagai smart city, di mana dapat menjadi mitra dalam bidang infrastruktur telekomunikasi sehingga Ranai dapat menjadi smart city seutuhnya.

"Hadirnya Smartfren sangat kami apresiasi, karena kami melihat salah satu faktor penting dalam mendukung percepatan pembangunan ekonomi Kabupaten Natuna adalah kelancaran kecepatan saranan komunikasi dan informasi," ungkap Bupati Kabupaten Natuna Hamid Rizal.



Terhitung mula Februari kemarin, ada 15 Base Transceiver Station (BTS) Smartfren sudah beroperasi di wilayah Natuna. Ini artinya, masyarakat di sekitarnya dapat merasakan layanan streaming video dan musik, media sosial, hingga berselancar di internet menggunakan jaringan 4G milik Smartfren.

Adapun secara rinci wilayah yang sudah diselimuti 4G Smartfren itu, yakni Kecamatan Bunguran Timur, sebagian Bunguran Tengah dan Selatan.



Sinyal Internet Smartfren Tembus di Pulau Terluar RI
(agt/rns)