Jumat, 08 Mar 2019 22:51 WIB

Soal Konsolidasi Operator, Tri Ungkap Pengalaman Jadi Pembeli

Kris Fathoni W - detikInet
Hutchison Tri Indonesia (Tri) membuka diri terhadap peluang konsolidasi operator seluler. (Foto: Kris F/detikINET) Hutchison Tri Indonesia (Tri) membuka diri terhadap peluang konsolidasi operator seluler. (Foto: Kris F/detikINET)
Jakarta - Wacana konsolidasi operator seluler belakangan muncul lagi. Hutchison Tri Indonesia (Tri) membuka diri terhadap segala peluang, seraya mengungkap pengalamannya dalam berperan sebagai pembeli dalam situasi macam itu.

Bicara mengenai konsolidasi, CEO dan Presiden Direktur Tri Indonesia Cliff Woo menyebutnya sebagai topik yang menarik. Pihaknya pun meyakini bahwa praktik konsolidasi membentuk pasar menjadi lebih sehat.

"Hutchison terbuka terhadap semua peluang pengintegrasian. Bahkan Hutchison percaya di banyak pasar, termasuk Indonesia, persaingan sudah terlampau berlebihan. Kami percaya mungkin konsolidasi akan membentuk pasar menjadi lebih sehat," katanya dalam acara bincang santai dengan awak media di Jakarta, Jumat (8/3/2019).


Soal Konsolidasi Operator, Tri Ungkap Pengalaman Jadi PembeliCEO dan Presiden Direktur Tri Indonesia Cliff Woo. (Foto: Kris F/detikINET)

Cliff Woo juga menuturkan, di sejumlah negara Eropa dan Asia konsolidasi bukan hal asing dan bisa menjadi sebuah kecenderungan dalam beberapa tahun ke depan. Oleh karena itu ia tak kaget jika nantinya konsolidasi juga terjadi di Indonesia.




"Saya pun takkan kaget seandainya para shareholder operator di Indonesia saat ini juga sudah saling berbicara mengenai rencana konsolidasi," ucapnya.

"Tapi hari ini saya belum punya kabar baru apa-apa. Namun, kami terbuka terhadap segala peluang. Kami akan melakukan pendekatan yang optimistis dan agresif di pasar ini," tutur Cliff Woo.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Presiden Direktur Utama PT Hutchison Tri Indonesia Danny Buldansyah turut mengamini hal serupa. Ia menegaskan bahwa Hutchison, yang beroperasi di sejumlah negara, melihat konsolidasi sebagai hal yang positif.




"Itu yang pertama. Yang kedua, di tempat Hutchison beroperasi kami mengambil peran sebagai pengkonsolidasi, jadi mengambil peran sebagai yang membeli. Ini pengalaman kita di market-market yang lain," ucapnya.

"Jadi kami berharap konsolidasi akan terjadi tentunya dengan aturan-aturan yang mendukung dan kami akan support itu," kata Danny Buldansyah.

Hal itu dielaborasi lebih lanjut oleh Chief Commercial Officer (CCO) Tri Indonesia Dolly Susanto, yang menambahkan pengalaman pihaknya dalam melakukan konsolidasi di Eropa.

"Di Italia itu juga terjadi konsolidasi. Jadi waktu itu Tri dengan Wind (Tre) salah satu operator yang besar, kita yang acquire di sana. Demikian juga dengan Tri Austria. Hutchison Group memang prefer jadi konsolidator, itu udah kita lakukan di banyak negara lainnya," ujarnya menjelaskan.


(krs/fyk)